Tiga Rumah Sakit di Solo Raya Ini Kembali Layani Pasien BPJS Kesehatan

Tiga rumah sakit di Solo Raya kembali dapat melayani pasien dengan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Tiga Rumah Sakit di Solo Raya Ini Kembali Layani Pasien BPJS Kesehatan
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Agus Purwono. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Tiga rumah sakit di Solo Raya, yakni Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Kustati Solo, RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri kembali dapat melayani pasien dengan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Bagian Sekretariat RSUI Kustati Solo, Marlia Wiji Utami, di mana kembalinya pelayanan tersebut seiring dengan turunnya surat dari Menteri Kesehatan perihal Perpanjangan Kerja Sama Rumah Sakit dengan BPJS.

Dalam surat yang turun pada Jumat (4/1) kemarin Kementerian Kesehatan merekomendasikan kepada 169 rumah sakit di Indonesia agar tetap melanjutkan kerja sama dengan BPJS.

"Namun memang saat ini kami belum dapat memastikan kapan dapat mulai melayani, karena usai surat tersebut turun, maka kewenangan dari pihak BPJS Kesehatan," katanya saat dihubungi TribunSolo.com, Minggu (6/1/2019).

Sementara Humas RS Amal Sehat Sragen, Tri Yoko menambahkan dalam surat yang diterima yakni bernomor HK.03.01/Menkes/768/2018tanggal 31 Desember 2018 perihal perpanjangan kerja sama rumah sakit dan BPJS.

Soal Penghentian Layanan BPJS, Komisi IV DPRD Solo Akan Panggil Manajemen RSUI Kustati

Rumah Sakit Amal Sehat juga masuk rumah sakit yang direkomendasikan.

Akan tetapi, pihaknya juga belum bisa memastikan kapan pelayanan untuk pasien BPJS bisa dilakukan.

"Karena memang tahapannya usai surat rekomendasi Menkes diturunkan, selanjutnya pasien BPJS juga harus melalui pembahasan dan MoU dengan BPJS," ungkapnya.

Pihaknya berharap Senin (7/1/2019) mendatang sudah bisa melayani pasien BPJS lagi.

Menanggapi hal tersebut Kepala BPJS Solo, Agus Purwono mengatakan, pihaknya secepatnya akan mengundang tiga rumah sakit yang sempat berhenti bekerja sama dengan BPJS untuk kembali bekerja sama.

"Tiga rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Kustati Solo, RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri, akan kembali dilakukan MoU kerjasama dengan kami, sehingga Senin (7/1/2019), dapat langsung melayani pasien dengan fasilitas BPJS Kesehatan," tutupnya. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved