Pesawat Lion Air Jatuh

KNKT Gandeng TNI AL Kembali Cari Black Box Berisi CVR Lion Air

KNKT menggandeng Pusat Hidro-Oseonografi TNI AL yang mengerahkan KRI Spica dalam pencarian black box berisi cockpit voice recorder (CVR) Lion Air.

KNKT Gandeng TNI AL Kembali Cari Black Box Berisi CVR Lion Air
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Inilah KRI Spica yang Selasa (8/1/2019) diberangkatkan untuk mencari black box berisi CVR pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melanjutkan kembali pencarian black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, mengatakan, pihaknya menggandeng Pusat Hidro-Oseonografi TNI AL yang mengerahkan KRI Spica dalam proses pencarian black box.

"Agenda utama kami dua, kami mencari CVR dengan bantuan dari KRI Spica, karena ada beberapa peralatan yang dimiliki spesifik oleh mereka," kata Soerjanto di Dermaga JICT 2, Selasa (8/1/2019).

"Kami minta bantuan dari TNI AL untuk mendukung pencarian," ujarnya, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

TNI Beri Penghargaan untuk Dua Anggota Penyelam Penemu Black Box Lion Air JT 610

Kepala Pushidrosal Laksamana Muda TNI,Harjo Susmoro, mengatakan area pencarian black box telah terlokalisir di area seluas 5x5 meter persegi,  50 meter dari titik penemuan black box sebelumnya yang berisi flight data recorder (FDR).

"Cuma karena posisinya kemungkinan terendam, sehingga itu enggak mungkin 5x5 itu dikeruk kan enggak mungkin," ujarnya.

"Kami coba cari lagi dengan peralatan yang lebih canggih," ujar Harjo.

Harjo menuturkan, pencarian akan dilakukan hingga 15 hari ke depan sesuai dengan usia hidup black box yang mencapai 90 hari sejak jatuhnya pesawat.

Keluarga Patungan Rp 132 Juta demi Cari 64 Korban Lion Air JT 610

Personel yang dikerahkan terdiri atas 55 awak kapal, 9 petugas KNKT, 18 penyelam, tiga ilmuwan, dan tiga orang analis.

Black box berisi CVR perlu ditemukan untuk mengetahui kondisi terakhir di kokpit sebelum pesawat hilang kontak dan jatuh.

Diberitakan TribunSolo.com sebelumnya, pesawat Lion Air JT-610 dengan registrasi PK-LQP jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, 29 Oktober 2018 lalu.

Pesawat yang membawa 189 penumpang dan awak kabin itu jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul KNKT Bersama TNI AL Mulai Pencarian Lanjutan "Black Box" Lion Air

Editor: Junianto Setyadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved