Debat Perdana Pilpres, Prabowo-Sandi akan Fokus soal Isu HAM

Menurut Siane, Prabowo-Sandiaga akan lebih fokus pada isu HAM terkait bidang ekonomi, sosial dan budaya yang dinilai tak terlalu diperhatikan saat ini

Debat Perdana Pilpres, Prabowo-Sandi akan Fokus soal Isu HAM
(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, saat pengambilan nomor urut di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). 

TRIBUNSOLO.COM - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Siane Indriani menuturkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tengah menyiapkan sejumlah isu terkait hak asasi manusia (HAM) yang akan dipaparkan sebagai materi debat pada 17 Februari 2019 mendatang.

Materi terkait HAM akan dipaparkan dalam segmen pertama penyampaian visi-misi.

Menurut Siane, Prabowo-Sandiaga akan lebih fokus pada isu HAM terkait bidang ekonomi, sosial dan budaya yang dinilai tak terlalu diperhatikan saat ini.

"Dalam visi misi itu akan disampaikan bagaimana soal HAM yang akan diangkat oleh kubu Prabowo yang sangat diutamakan yaitu HAM bidang ekonomi sosial dan budaya," ujar Siane saat dihubungi, Rabu (9/1/2019), dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Siane menjelaskan, pasangan visi misi Prabowo-Sandiaga mengutamakan pembangunan ekonomi. 

Mantan komisioner Komnas HAM itu mengatakan, sebagian besar masyarakat kalangan bawah saat ini tak memiliki akses atas keadian dan sumber daya ekonomi.

Termasuk soal pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup dan akses terhadap pekerjaan.

"Ke depan itu nanti akan lebih diprioritaskan masyarakat golongan bawah yang selama ini jumlahnya besar tapi tidak mendapat kesempatan yang sama dalam memperoleh akses atas (sumber daya) ekonomi," kata Siane. 

Dalam sektor hak perburuhan, lanjut Siane, Prabowo-Sandiaga menjanjikan adanya perbaikan batas upah minimum buruh.

Kemudian Prabowo-Sandiaga juga menyoroti perlindungan lingkungan hidup dengan mendorong pemanfaatan sumber daya energi terbarukan.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved