Dua Sekolah di Sukoharjo Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Dua sekolah di Kabupaten Sukoharjo menerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2018.

Dua Sekolah di Sukoharjo Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional
Istimewa
Kepala SMPN 1 Grogol, Sukoharjo, menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Dua sekolah di Kabupaten Sukoharjo menerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2018, karena dianggap melaksanakan Kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan baik.

Dua sekolah peraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.577/MENLHK/P2SDM/SDM.2/12/2018 adalah SMP Negeri 1 Grogol dan MIN Jetis, Jumat (21/12/2018) lalu, di Manggala Wana Bhakti, Jakarta.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan .

Mengapresiasi penghargaan tersebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ingin mengoptimalkan program peduli lingkungan sejak dini.

"Sekolah yang meraih penghargaan tersebut akan kami dorong sebagai percontohan sekolah lain di Sukoharjo, agar peduli lingkungan sejak dini," Kata PLT Kepala DLH, Agus Suprapto, kepada TribunSolo.com, Jumat (11/1/2018)

SMP Negeri 1 Grogol dan MIN Jetis didorong DLH untuk mengajari lima sekolah yang lain untuk mengarahkan membuat kurikulum peduli lingkungan.

Empat SMP Negeri di Solo Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

"Sekolah yang meraih Adiwiyata nasional, kami dorong menjadi Adiwiyata Mandiri, dan kami DHL Kabupaten akan membuat penghargaan di tingkat kabupaten," katanya.

Penghargaan ini diharapkan memicu sekolah lain untuk meraih Adiwiyata yang dilaksanakan secara berjenjang meliputi Adiwiyata Kabupaten, Adiwiyata Provinsi dan Adiwiyata Nasional.

Penghargaan Adiwiyata ini diberikan kepada sekolah yang telah menerapkan konsep sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang meliputi kurikulum.

Anggaran sekolah yang berbasis lingkungan serta sarana prasarana sekolah yang berwawasan lingkungan sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata.

"Dengan Pengelolaan Lingkungan Hidup sejak usia sekolah ini diharapkan akan meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup di Kabupaten Sukoharjo," katanya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved