Bupati Sukoharjo Terima Penghargaan Adipura 2018 dari Wapres Jusuf Kalla

Awal tahun 2019, Kabupaten Sukoharjo mendapatkan kado istimewa berupa penghargaan Adipura. Penghargaan tahunan ini didapatkan tiga kali berturut-turut

Bupati Sukoharjo Terima Penghargaan Adipura 2018 dari Wapres Jusuf Kalla
ISTIMEWA
Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya saat menerima penghargaan Adipura yang di berikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat Senin (14/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Awal tahun 2019, Kabupaten Sukoharjo mendapatkan kado istimewa berupa penghargaan Adipura, Senin (14/1/2019).

Penghargaan tahunan ini didapatkan Kabupaten Sukoharjo tiga kali berturut-turut sejak tahun 2016 dengan kategori kota kecil.

Adi Pura ini didapatkan Sukoharjo pada tahun 2018, namun baru bisa diserahkan pada awal 2019 ini.

Seperti yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo, Joko Nurhadiyanto penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Menurut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suptapto, Penghargaan Adipura ini diraih karena penilaian yang tinggi terkait beberapa hal.

"Kita mendapat nilai tinggi dari pengelolaan sampah skala kota, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Taman atau ruang terbuka hijau (RTH), sekolah dengan baik, dan memiliki kebijakan serta strategi daerah (Jakstrada) dalam upaya pengelolaan sampah dalam bentuk Peraturan Bupati," katanya.

Prinsip utama penerapan Adipura adalah pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan, pemahaman, dan kesadaran perubahan perilaku dalam pengelolaan lingkungan.

"Kami memasang sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi di Sukoharjo."

"Serta pemenuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang, menjadi penilaian plus untuk Sukoharjo kembali meraih Adipura," kata Agus.

Adipura ini untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha.

Hal ini untuk mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan), yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya.

Dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik dan berjalan sistematis, makan pemerintah pusat akan memberikan bentuk apresiasi berupa penghargaan Adipura ini. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved