Kecamatan Grogol Wakili Sukoharjo dalam Lomba IVA Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Kabupaten Sukoharjo yang diwakil Kecamatan Grogol akan bersaing demi melaju ke tingkat nasional mewakili Jateng pada lomba tersebut.

Kecamatan Grogol Wakili Sukoharjo dalam Lomba IVA Tingkat Provinsi Jawa Tengah
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Tim Juri IVA Test dari Provinsi Jateng saat meninjau program IVA Test di Dukuh Kendalsari, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Kamis (17/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Kabupaten Sukoharjo masuk tiga besar di lomba Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat Provinsi Jateng bersama Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Kabupaten Sukoharjo yang diwakil Kecamatan Grogol akan bersaing demi melaju ke tingkat nasional mewakili Jateng pada lomba tersebut.

IVA Test merupakan lomba terkait pelaksanaan test deteksi dini kanker serviks.

Menurut Ketua Penggerak PKK Desa Grogol, Sinto Bagas Windaryatno, PKK Desa Grogol pantas mewakili Sukoharjo karena memiliki beberapa program unggulan untuk mencegah kanker serviks.

Kim Woo Bin Bakal Comeback Tahun Ini setelah Jalani Pengobatan Kanker Nasofaring

Pihaknya juga mengaku telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Indriyanti Solo Baru dan Puskesmas Baki, jika di Puskesmas Grogol membutuhkan rujukan.

Selain itu, sebagai cakupan sasarannya, PKK Desa Grogol juga menggandeng perusahaan, sekolah, dan organisasi di kawasan Kecamatan Grogol.

"Kami memiliki beberapa program kegiatan Inovasi, yang siap dilombakan di tingkat provinsi," kata Sinto saat memberi sambutan di Kantor Kecamatan Grogol, Kamis (17/1/2019).

Program tersebut seperti Sistem Informasi Penyuluhan dan Sosialisasi Deteksi Dini Pada Kanker Rahim, selain penyuluhan dan sosialisasi, sistem ini juga untuk memantau luas cakupan pemeriksaan IVA.

Dian Pramana Poetra Didiagnosa Idap Kanker Darah Stadium 4

Gerakan IVA ke Desa, sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan deteksi kanker rahim dan payudara ke masyarakat dengan membuka pemeriksaan IVA sampai ke desa.

Halaman
12
Penulis: Agil Tri
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved