Tim Juri IVA Test Provinsi Jawa Tengah Melakukan Penilaian di Grogol, Sukoharjo

Sukoharjo yang diwakil Kecamatan Grogol akan bersaing untuk melaju ke tingkat nasional mewakili Jawa Tengah pada lomba Visual Asam Asetat (IVA) Test.

Tim Juri IVA Test Provinsi Jawa Tengah Melakukan Penilaian di Grogol, Sukoharjo
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Ketua Tim Juri IVA Test Provinsi Jawa Tengah, Condro Rini, saat memberi sambutan di Kantor Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Kamis (17/1/2019). 

Laporan wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Kabupaten Sukoharjo yang diwakil Kecamatan Grogol akan bersaing untuk melaju ke tingkat nasional mewakili Jawa Tengah pada lomba Visual Asam Asetat (IVA) Test.

Namun, Kabupaten Sukoharjo harus bisa mengalahkan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang yang juga masuk dalam kategori penilaian oleh tim juri.

Menurut Ketua Tim Juri IVA Test Provinsi Jawa Tengah, Condro Rini, Kecamatan Grogol adalah salah nominator untuk meraih juara satu dari lomba IVA ini.

"Saya sudah melihat secara administrasinya, tapi kami ingin melihat langsung apakah sesuai dengan yang dilaporkan," katanya saat sambutan di Kantor Kecamatan Grogol, Kamis (17/1/2019).

Kecamatan Grogol Wakili Sukoharjo dalam Lomba IVA Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Timnya tidak akan terburu-buru dalam menilai, pihaknya akan melakukan verifikasi untuk membuktikan apakah yang telah dipaparkan benar-benar dilakukan.

Condro mengatakan, jika proses penilaiannya tersebut meliputi tiga aspek, yang meliputi input, proses, dan output.

"Kita lihat dari SDM, sarana dan prasaranya, dan program PKKnya baik Kabupaten maupun Kecamatan, hingga komitmen stakeholdernya seperti komitmen dari pak Bupati dan Camat dalam program IVA Test ini," katanya.

Selain itu, outputnya akan dilihat sejauh mana cakupan dari progam IVA Test yang telah dilakukan.

50 Tenant Meriahkan Solo Halal Food Festival di Paragon Lifestyle Mall

"Kita lihat juga proses yang telah dilakukan seperti penyuluhannya dan sosialisasinya, termasuk inovasi yang dilakukan," tambah dia.

IVA Test ini penting untuk mendeteksi dini kanker serviks, karena kanker serviks ini berada di urutan kedua yang banyak membuh wanita setelah kanker payudara.

"Saya berharap efek program IVA ini, wanita di Kabupaten Sukoharjo negatif IVA dan terhindar dari kanker serviks, sehingga siap melahirkan generasi yang sehat," ucapnya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved