SIPA Mart Diyakini Bisa Perkuat Pasar Industri Kreatif di Kota Solo

Solo International Performing Arts (SIPA) Mart direncanakan menjadi program dari industri kreatif Kota Solo di 2019.

SIPA Mart Diyakini Bisa Perkuat Pasar Industri Kreatif di Kota Solo
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Focus Group Discussion (FGD) Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) Bidang Perdagangan Jasa dan Industri Kreatif, di Grand Hap Solo, Rabu (23/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Solo International Performing Arts (SIPA) Mart direncanakan menjadi program dari industri kreatif Kota Solo di 2019 ini.

Irawati Kusumorasri selaku Direktur SIPA berujar Hal tersebut dilakukan atas dasar potensi seni pertunjukan yang dimiliki oleh kota Solo untuk lebih mengembangkan perekonomian daerah.

"Seni dan budaya adalah salah satu kekayaan dari kota Solo kota Solo juga merupakan pusat budaya Jawa dan potensi ini harus seoptimal mungkin kita manfaatkan," katanya kepada TribunSolo.com, saat ditemui dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) Bidang Perdagangan Jasa dan Industri Kreatif, di Grand Hap Solo, Rabu (23/1/2019).

Dalam FGD Fedep Bidang Perdagangan Jasa dan Industri Kreatif tersebut mengambil tema seni pertunjukan sebagai salah satu peraup devisa dan penggerak Perekonomian Kota Solo.

Menuju Kota Cerdas Pangan, Kantin Sekolah di Solo Diminta Pasang Informasi Kesehatan Makanan

Dan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki Kota Solo ini dapat dieksplorasi dari produk seni pertunjukan nya mulai seni musik seni tari seni teater dan seni lainnya.

"SIPA Mart ini nantinya menjadi ruang bertemunya para bayar seniman yang mempresentasikan produknya dan terdapat medium etalase atau panggung dan kemudian dikemas dalam sebuah gathering," imbuhnya.

Sehingga para peserta yang mengikuti yakni seniman, koreografer, penari, komposer, pemusik, sutradara teater, ataupun lembaga seni.

Dan juga pastinya akan diikuti oleh buyer, kurator festival, direktur festival, Manager seni, hingga penyelenggara Festival.

Ada Pemekaran Kelurahan di Solo, DKK Tidak Tambah Jumlah Puskesmas

Dan untuk lokasi SIPA Mart akan diletakkan di titik area di Kota Solo yang strategis sekaligus representative untuk panggung berikut ruang-ruang pendukung pasar lain.

Dan rencananya akan dihelat setiap bulan September.

Tentunya ini juga bentuk memajukan pariwisata di Kota Solo, khususnya lewat seni pertunjukan.

"Karena memang kota Solo tidak memiliki sumber daya alam (SDA) untuk difokuskan dalam pariwisata, maka dari itu pengembangan wisatanya melalui pemberdayaan sumber daya manusianya yang di eksplorasi melalui seni pertunjukan," tutupnya. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved