Platform Keuangan Digital Kendi Bantu Pelaku UMKM di Solo Cakap Teknologi

Kota Solo kembali menjadi lokasi pilot project pengembangan platform inovasi keuangan digital bernama Keuangan Digital (Kendi).

Platform Keuangan Digital Kendi Bantu Pelaku UMKM di Solo Cakap Teknologi
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Jumpa pers pengembangan platform Kendi di Solo, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kota Solo kembali menjadi lokasi pilot project pengembangan platform inovasi keuangan digital bernama Keuangan Digital (Kendi).

Chief Business Developtment Officer (CBDO) Kendi, Patria Abditiar berujar, Kendi ini hadir untuk membantu sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lebih berkembang serta cakap dengan teknologi digital.

"Kenapa kami pilih Solo karena potensi UMKM yang besar, dan juga keterbukaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dalam menerima masuknya inovasi teknologi digital yang arahnya untuk pengembangan," katanya kepada TribunSolo.com, Kamis (24/1/2019).

Pihaknya berujar Kendi merupakan platform Inovasi Keuangan Digital modern untuk UMKM) yang untuk pertama kalinya menggabungkan sistem Point-of-Sale, P2P Funding, dan teknologi Blockchain.

Aplikasi ini menyediakan fasilitas pencatatan transaksi, pelaporan dan analisis keuangan, pendanaan, serta audit bisnis transparan untuk meningkatkan skala bisnis UMKM Indonesia.

"Jadi dengan kata lain sebagai pengganti buku besar keuangan usaha, Kendi lebih simpel, efektif serta efisien, bahkan hasil akhirnya pelaku UMKM dapat mengetahui omset serta pertumbuhan labanya," imbuhnya.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) Kendi, Pietra Sarosa berujar, saat ini tahapan Kendi masih ditahap penjajakan pengembangan.

Sebagai tahap awal rangkaian pelaksanaan, Kendi pada hari ini (24/01/2019) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan banyak pihak diantaranya kalangan UMKM, kalangan pemberi pinjaman (Lender) baik individu maupun institusional, pihak akademis dari UNS, serta perwakilan Pemerintahan Solo yaitu Dinas Koperasi dan Dinas Kominfo.

Platform Keuangan Digital Kendi segera Hadir di Solo, Mudahkan Pelaku UMKM Akses Permodalan

FGD ini dimaksudkan untuk menyamakan visi antara perwakilan calon pengguna aplikasi, otoritas, pakar, serta tim Kendi juga mencoba prototipe aplikasi Kendi tersebut secara langsung dalam kondisi mendekati kenyataan.

Sekaligus untuk mendapatkan masukan dari pengguna aplikasi, otoritas, serta pakar, demi melakukan penyempurnaan akhir dari fitur-fitur aplikasi Kendi tersebut.

Pihaknya menyampaikan harapannya agar FGD tersebut dapat menjadi sarana penyalur aspirasi UMKM Solo agar mendapatkan solusi yang mumpuni untuk pencapaian dana.

“Tidak banyak solusi yang memiliki fokus UMKM, khususnya untuk yang skala Mikro," pungkasnya.

Kendi adalah solusi yang dapat membantu UMKM dari semua industri untuk mencatat bisnisnya dengan lebih baik serta mendapatkan pendanaan untuk tumbuh pesat.

Harapannya, solusi ini akan menjadi solusi nasional untuk Indonesia yang memiliki permasalahan fragmentasi data akibat kenyataan geografisnya: 17,000 pulau dan 34 provinsi. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved