Pemilu 2019

KPU Publikasikan Daftar 49 Caleg Eks Koruptor, KPK: Kalau Bisa Fotonya Dipajang di TPS

Alexander Marwata menyambut baik langkah KPU yang mengumumkan 49 orang caleg dan DPD mantan terpidana korupsi kepada publik.

KPU Publikasikan Daftar 49 Caleg Eks Koruptor, KPK: Kalau Bisa Fotonya Dipajang di TPS
KOMPAS.com/Fitria Chusna Farisa
Gedung KPU Pusat 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyambut baik langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengumumkan 49 orang caleg dan DPD mantan terpidana korupsi kepada publik.

Ia mengatakan, penyampaikan 49 nama caleg dan calon DPD bekas terpidana korupsi tersebut menjadikan rakyat mengetahui rekam jejak calon wakilnya yang akan dipilih.

"Masyarakat bisa memperoleh penerangan untuk nanti wakil-wakil yang dipilih itu supaya yang bersih, yang jujur, jangan yang pernah terlibat korupsi," ujar Alex kepada wartawan, Kamis (31/1/2019).

"Kami mendukung dan memang kami itu waktu Ketua KPU ke KPK, kami sampaikan kami mendukung untuk mengumumkan saja."

"Bahkan KPK mungkin akan memuat ya kalau memungkinkan di website KPK kan itu lebih bagus," imbuhnya.

Dirilis KPU, Ini Daftar Parpol yang Paling Banyak Mengajukan Mantan Koruptor Jadi Caleg

Alex menambahkan, jika memungkinkan caleg bekas terpidana korupsi atau koruptor itu fotonya atau informasinya dipasang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah asal daerah pemilihan (dapil) caleg tersebut.

"Ya mungkin, koruptor dari dapil mana, ya di situ ajalah di TPS-nya, ditempelin lah calon-calonnya di TPS berapa dan di Dapil berapa."

"Nanti disebutkan dengan tanda kurung mantan terpidana kasus korupsi. Itu kan bukan mempermalukan, tapi menyampaikan fakta," pungkas Alex. (Ilham Rian Pratama)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPK Apresiasi Niat Baik KPU Publikasikan Daftar Nama-nama Caleg Koruptor

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved