Direktur IKP Kemenkominfo Gandeng Staf Khusus Presiden Sosialisasikan Dana Desa Lewat Wayang Kulit

Sosialisasi via pertunjukan wayang kulit dengan dalang Warseno Slenk itu digelar di Pasar Wisata Desa Biting, Badegan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Direktur IKP Kemenkominfo Gandeng Staf Khusus Presiden Sosialisasikan Dana Desa Lewat Wayang Kulit
DOKUMENTASI KEMENKOMINFO
Staf Khusus Presiden, Johan Budi (kiri). dan Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Wiryanta, saat sosialisasi tentang Dana Desa yang dikemas dalam bentuk hiburan rakyat wayang kulit di Ponorogo, Kamis (7/2/2019) malam. 

TRIBUNSOLO.COM, PONOROGO - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia meminta masyarakat proaktif mengawal pengelolaan Dana Desa (DD).

Sebab, Dana Desa dialokasikan dari APBN pusat untuk pemberdayaan dan pembangunan desa demi kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Pesan itu terungkap saat digelar Sosialisasi Program Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat lewat pementasan wayang kulit yang diprakarsai Dirjen IKP Kemenkominfo RI di Ponorogo, Kamis (7/2/2019) malam.

Menurut rilis yang diperoleh TribunSolo.com, sosialisasi via pertunjukan wayang kulit dengan dalang Warseno Slenk itu digelar di Pasar Wisata Desa Biting, Badegan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Said Didu Kritik BNI Fasilitasi Acara Dana Desa Dihadiri Jokowi di Garut, Mendes Sebut Tak Masalah

Sosialisasi yang dikemas dalam bentuk hiburan rakyat itu menghadirkan pembicara Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Wiryanta, dan Staf Khusus Presiden, Johan Budi P, serta pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Ponorogo.

Dalam paparannya, Direktur IKP,  Wiryanta mengatakan sesuai amanat Undang-Undang, masyarakat berhak mendapatkan informasi terkait program dan kebijakan pemerintah baik yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan.

"Dengan penyampaian informasi yang baik, masyarakat diharapkan dapat mengetahui dan memahami serta dapat berperan aktif dalam mengawal kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah," ujarnya di hadapan ribuan pejabat desa dan masyarakat yang hadir.

Menururnya, sesuai  Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2015, Kemenkominfo diamanatkan untuk melakukan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait kebijakan dan program pemerintah di semua sektor.

2019, Alokasi Dana Desa Sukoharjo Naik Menjadi Rp 146 Miliar

Kebijakan dan program unggulan pemerintah tersebut kemudian disampaikan kepada masyarakat secara cepat dan tepat melalui semua kanal pemberitaan yang ada.

"Salah satu program prioritas pemerintah adalah Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN, Red) agar digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat desa," katanya. 

Halaman
12
Penulis: Agil Tri
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved