Periode SPT Tahunan di 2019, Ini Upaya Kanwil DJP Jateng II Dorong Kepatuhan Wajib Pajak

Evaluasi untuk tahun 2018, target WP yang melaporkan SPT tahunan melalui e-filing di Kanwil DJP Jateng II sebanyak 332.208 WP.

Periode SPT Tahunan di 2019, Ini Upaya Kanwil DJP Jateng II Dorong Kepatuhan Wajib Pajak
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) II terus mendorong peningkatan kepatuhan Wajib Pajak (WP) pada pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan melalui e-filing.

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu berujar evaluasi untuk tahun 2018 target WP yang melaporkan SPT tahunan melalui e-filing di Kanwil DJP Jateng II sebanyak 332.208 WP.

"Sedangkan realisasi sampai dengan akhir bulan Desember 2018 sebanyak 268.301 WP," katanya kepada wartawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

Sementara itu, untuk capaian tingkat kepatuhan penyampaian SPT melalui efiling pada tahun lalu, dikatakannya, baru mencapai 98 persen dari target 82 persen WP.

Sempat Sebut 2 Nama Cawagub DKI Jakara, PKS Kemudian Nyatakan 2 Nama Itu Belum Final

Dan untuk tahun ini 2019, target tingkat kepatuhan WP yang melaporkan SPT tahunan mereka yakni dari 82 persen menjadi 84 persen.

Sementara target tersebut yakni dari jumlah WP yang melakukan penyampaian SPT tahunan melalui e-filing sebanyak 384.440 WP.

Walaupun demikian pihaknya berharap potensi WP yang terdaftar yakni sebanyak 1,3 juta WP, diharapkan juga dapat optimal melaporkan SPT tahunan.

"Tentu kami menggunakan beberapa upaya, satu di antaranya jemput bola," imbuhnya.

Tes Kepribadian - Ruang Kerja Mana yang Paling Nyaman? Yang Dipilih Jadi Cerminan Karakter Dirimu

Khususnya ke perusahaan yang jumlah karyawannya banyak.

Selain itu juga di organisasi pemerintahan.

"Kami juga akan membuka pojok pajak yakni di Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo Square Mall, Solo Grand Mall, dan The Park Mall Solobaru, juga Kanwil DJP Jateng II," imbuhnya.

Pihaknya juga akan melakukan aksi simpatik dengan membagikan leaflet di jalan-jalan tertentu untuk mengingatkan WP tentang kewajiban mereka dalam melakukan pelaporan SPT. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved