Isi Seminar di Solo, Ketua Umum Asbanda Paparkan Pertumbuhan Tabungan Simpeda di Indonesia

Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) kembali menggelar Seminar Nasional Bank Pembangunan Daerah Se Indonesia.

Isi Seminar di Solo, Ketua Umum Asbanda Paparkan Pertumbuhan Tabungan Simpeda di Indonesia
TRIBUNSOLO.COM/EKA FITRIANI
Ketua Umum Asbanda, Kresno Sediarsi, saat Seminar Nasional Bank Pembangunan Daerah se-Indonesia, Jumat (22/2/2019) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) kembali menggelar Seminar Nasional Bank Pembangunan Daerah Se Indonesia.

Kegiatan ini digelar di The Sunan Hotel Solo dengan tema: 'Peran BPD dalam Mendukung Program Optimalisasi Penerimaan Daerah'.

Ketua Umum Asbanda, Kresno Sediarsi, mengungkapkan bahwa Tabungan Simpeda merupakan salah satu produk pemersatu BPD seluruh Indonesia.

“Pada Penarikan Undian Tabungan Simpeda Nasional Periode 2 Th ke-29 Tahun 2019 di Solo kali ini, jumlah penabung sampai dengan akhir Desember 2018 berjumlah 7.653.175," katanya kepada TribunSolo.com, Jumat (22/2/2019) siang.

Bank Indonesia Solo: Daya Konsumsi Masyarakat Jadi Kunci Pendorong Pertumbuhan Perekonomian

"Sedangkan penabung dengan jumlah saldo Simpeda sebesar Rp 57,78 triliun,” katanya.

Sedangkan jika dilihat dari penarikan undian Simpeda di Manado sampai di Solo, dari sisi penabung terjadi kenaikan sebesar 6,82% atau naik sebanyak 488.841 penabung.

Untuk saldo Simpeda meningkat 16,05% atau naik sebesar Rp 7,99 triliun.

“Untuk BPD yang paling banyak menghimpun Tabungan Simpeda sejak lebih dari 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim," ujar dia.

OJK Kukuhkan TPAKD Wonogiri Demi Dorong Kesejahteraan Masyarakat Daerah

"Ssampai dengan posisi Desember 2018 telah menghimpun Simpeda sebanyak ±Rp13,11 triliun atau sebesar 22,69% dari Tabungan Simpeda Nasional,” ungkap dia.

Dengan terus meningkatnya pertumbuhan Tabungan Simpeda, dirinya berharap Tabungan Simpeda dapat menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam menabung.

"Ragam inovasi terkait Tabungan Simpeda merupakan bagian dari Transformasi BPD, yakni dalam rangka penguatan produk dan layanan BPD agar semakin bersaing dengan produk-produk bank lainnya," katanya.

Acara ini dihadiri oleh Dirut Bank Jateng, Supriyatno, Deputi Komusioner Pengawas Perbankan 4 Otoritas Jasa Keuangan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.(*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved