Warga Temukan Emas, Keris, Ribuan Keping Koin & Benda Purbakala di Lokasi Proyek Tol Pandaan-Malang

Benda purbakala ditemukan di lokasi pembangunan Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Warga Temukan Emas, Keris, Ribuan Keping Koin & Benda Purbakala di Lokasi Proyek Tol Pandaan-Malang
KOMPAS.com / ANDI HARTIK
Emas dengan bentuk delapan penjuru mata angin dan kepingan koin yang ditemukan oleh Muhammad Arifin di lokasi pembangunan Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (10/3/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, MALANG - Sejumlah benda purbakala ditemukan di lokasi pembangunan Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Selain bangunan yang diduga merupakan bangunan pura, ada juga potongan keramik, potongan gerabah, peralatan kuno yang terbuat dari perunggu, emas dan koin yang merupakan alat tukar.

Diduga, seluruh benda cagar budaya itu merupakan bekas peninggalan Kerajaan Majapahit.

Ketua RT 15 RW 8 Dusun Sekaran, Kelurahan Sekarpuro, Muhammad Arifin (44) mengatakan, benda cagar budaya itu ditemukan sejak lima bulan yang lalu.

Yakni saat alat berat pembangunan Tol Pandaan-Malang mulai melakukan pengerukan di lokasi itu. Lahan itu dikeruk untuk dijadikan ruas jalan.

Diduga Bekas Kolam Pemandian Zaman Dulu, Situs Purbakala Ditemukan di Malang

Arifin menyampaikan, mulanya pekerja jalan tol yang mendapati ribuan keping koin terbungkus kotak berbahan perunggu. Setelah itu, warga setempat berbondong-bondong ikut mencari koin di lokasi tersebut.

"Pertama yang menemukan pekerja di sana. 40 kilogram koin di dalam kotak," katanya, Minggu (10/3/2019).

Tidak hanya koin, warga juga menemukan potongan gerabah, bekas perkakas yang terbuat dari perunggu, serta emas dengan bentuk delapan penjuru mata angin. Ada juga warga yang menemukan keris.

Arifin menyampaikan, emas yang ditemukannya awalnya terpendam di antara tanah yang dikeruk.

Ia lalu mengambilnya dan baru diketahui bahwa itu emas.

Halaman
123
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved