Platform Keuangan Digital Kendi Bantu UMKM Berkembang Lewat Inovasi Keuangan Digital 

Platform Keuangan Digital (Kendi) segera hadir di Kota Solo untuk membantu sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lebih berkembang.

Platform Keuangan Digital Kendi Bantu UMKM Berkembang Lewat Inovasi Keuangan Digital 
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
PT Solusi Cerdas Otomasi Usaha Terbaik (Scout) sebagai penyedia aplikasi Kendi bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI lakukan penandatanganan nota kesepahaman di Hotel Adhiwangsa Surakarta, Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Platform Keuangan Digital (Kendi) segera hadir di Kota Solo untuk membantu sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lebih berkembang. 

Chief Executive Officer (CEO) Kendi, Pietra Sarosa, berujar beberapa fitur Kendi sebagai sebuah platform yang fokus pada kebutuhan UMKM adalah mudahnya penggunaan, atau ease-of-use.

"Yakni agar UMKM dapat melakukan input data dengan prinsip one-handed atau satu tangan, lebih mudah dari mempergunakan kalkulator sayur sekalipun," katanya kepada TribunSolo.com, Rabu (13/3/2019).

UMKM tidak harus membuat laporan keuangan sendiri.

Platform Keuangan Digital Dorong UMKM Jadi Bankable

Namun aplikasi Kendi dapat langsung membuatkan laporan keuangan dengan lengkap untuk kegiatan transaksi, laporan laba rugi, manajemen inventorisasi, piutang, dan lainnya .

Pemberi pinjaman atau financier dapat melihat data secara jelas, sehingga kepercayaan antara UMKM dan lender dapat terbangun.

Diberikan opsi pendanaan syariah dalam platform peer to peer (P2P) financing tersebut, dengan transparansi yang dibantu oleh teknologi.

"Data yang masuk tersebut nantinya akan dijaga oleh Blockchain yang node-nya dipasang di beberapa pihak, sehingga tidak bisa diutak-atik oleh siapapun," imbuhnya.

Kepala Disdagkop Sukoharjo Imbau Seluruh Koperasi dan UMKM Kantongi Izin dan Surat Legal

Dan saat ini Kendi dapat diunduh (download) oleh setiap UMKM secara gratis melalui aplikasi Google PlayStore pada OS Android.

Menambahkan Sekretaris Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Devi Rimayanti mengatakan ini Kendi sejalan dengan tujuan pemerintah, yakni mencari aplikasi yang mudah dimengerti oleh UMKM.

"Android sudah memasyarakat, sehingga tinggal dimanfaatkan optimal oleh UMKM untuk menunjang usahanya," katanya.

Sehingga dapat lebih optimal memajukan usahanya. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved