Bekraf: Sertifikasi Kompetensi Dapat Naikkan Kredibilitas Profesi Barista

Sekitar 70 persen pelaku ekonomi kreatif yang sudah mengantongi sertifikasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pendapatannya meningkat.

Bekraf: Sertifikasi Kompetensi Dapat Naikkan Kredibilitas Profesi Barista
TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADIPHA
Barista tengah meracik kopi di kafe ET Grilled Cheese & Coffee, difoto Jumat (22/12/2017) sore. 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sekitar 70 persen pelaku ekonomi kreatif yang sudah mengantongi sertifikasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pendapatannya meningkat.

Hal tersebut dikatakan oleh Ari Juliano Gema selaku Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Regulasi, Bekraf, kepada Tribunsolo.com, saat ditemui di acara Sertifikasi Profesi Barista, di Salaview Hotel Solo, Selasa (19/3/2019).

"Termasuk juga dalam profesi barista, di mana dengan sertifikasi ini dapat mengarah pada pengembangan wirausahawan kreatif," katanya.

100 Lebih Barista Soloraya Ikuti Sertifikasi Kompetensi dari Bekraf

Selain juga serta meningkatkan kredibilitas profesi tersebut.

Dengan kata lain meningkat kualitas serta profesionalitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga akan dibutuhkan banyak perusahaan.

"Seperti halnya di  Timur Tengah, dengan usaha kopi yang kian maju, dibutuhkan SDM yang mumpuni, dan SDM dari Indonesia sangat diterima di sana, terlebih SDM yang sudah tersertifikasi," ungkapnya.

Arahnya pada penambahan devisa negara.

Baristanya Salah Tulis Nama Tamu, Starbucks Kembali Tersandung Kasus SARA

Namun sejalan dengan hal tersebut, lanjutnya, Bekraf lebih mengarah pada pengembangan industri kopi lokal bisa sasar pasar internasional.

"Tujuan kami seperti halnya Starbucks, yang dapat melanglangbuana hingga mancanegara, kami ingin produk kopi Indonesia bisa dikenal hingga mancanegara," terangnya.

Mulai dari brand, produknya, bahkan SDM-nya harapannya dapat diboyong hingga luar negeri, karena kopi Indonesia sangat potensial sekali dikembangkan hingga Internasional. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved