Presiden Jokowi Janji Bangun 3 Infrastruktur Demi Kelancaran MotoGP Indonesia

Presiden Joko Widodo berjanji segera membangun dan selesaikan 3 infrastruktur prioritas yang mendukung perhelatan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika.

Presiden Jokowi Janji Bangun 3 Infrastruktur Demi Kelancaran MotoGP Indonesia
DOK. WORLD SUPERBIKE
Rencana pembuatan sirkuit di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk MotoGP dan World Superbike. 

TRIBUNSOLO.COM - Presiden Joko Widodo berjanji segera membangun dan menyelesaikan tiga infrastruktur priorotas yang akan mendukung perhelatan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Semua penyelesaian infrastruktur tersebut sampai tuntas, mulai tahun 2019 dan akan selesai pada tahun 2020," ujar Presiden Jokowi seusai meninjau progres pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) korban gempa di Dusun Pengempel Indah, Kelurahan Bertais, Kota Mataram, Jumat (22/3/2019), seperti dikutip Antara.

Presiden Jokowi menjelaskan, ketiga infrastruktur penunjang itu adalah perbaikan fasilitas pelabuhan, pengembangan jalan by pass BIL menuju Kuta, dan perpanjangan run way Bandara Internasional Lombok (BIL).

"Sudah saya perintahkan Menteri PU dan Menteri Perhubungan untuk mengerjakannya, mulai tahun ini dan insya Allah tahun depan selesai," tegas Jokowi dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Pemerintah Provinsi NTB akan membangun rumah sakit khusus di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah untuk menyambut perhelatan Moto GP 2021.

Kemenpora Yakin MotoGP Indonesia Tak Kembali Gagal Digelar

"Kita akan bangun rumah sakit tipe B khusus, untuk trauma center, segala sesuatunya menyangkut trauma," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi.

Ia menjelaskan, seluruh biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah sakit itu dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2020.

Karena itu, sebelum tanggal 16 April 2019, seluruh kajian, "visibility study" sudah harus masuk di Kemenkes.

Sementara, untuk perencanaan DED diserahkan ke Pemerintah Provinsi NTB. Sehingga tahun 2020 bangunan rumah sakit itu sudah jadi.

Kemudian tahun 2021, seluruh fasilitas kesehatan sudah tersedia dan langsung beroperasi.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved