Bitung Sulawesi Utara Diguncang Gempa Bermagnitudo 6.2, Warga Sempat Panik

Wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, Sulawesi Utara, diguncang gempa bumi, Minggu (24/3/2019) pukul 11.37 WIB.

Bitung Sulawesi Utara Diguncang Gempa Bermagnitudo 6.2, Warga Sempat Panik
mirror.co.uk
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNSOLO.COM, MANADO - Wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, Sulawesi Utara, diguncang gempa bumi, Minggu (24/3/2019) pukul 11.37 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi magnitudo 6,2.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,71 LU dan 126,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 kilometer arah timur Kota Bitung, Sulut, pada kedalaman 61 kilometer.

Minggu Pagi, Poso Sulawesi Tengah Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5.7

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas deformasi lempeng laut Maluku."

"Patut disyukuri bahwa meskipun pusat gempa berada di laut, gempa bumi ini kekuatannya tidak cukup besar sehingga tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, seperti dikutip dari rilis tertulis, Minggu siang.

Saat ini, lanjut dia, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Jailolo, Weda ,Ternate III MMI, Manado, Tondano, Bitung III -IV MMI, Tahuna, Siau, Bolaang Uki II-III MMI," kata dia.

Bawaslu Temukan Kalender Kampanye Prabowo-Sandi Tercantum Logo Pemkab Sukoharjo

Ia menambahkan, hingga pukul 11.47 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar dia.

Pantauan Kompas.com, gempa tersebut sempat membuat warga di Kota Manado panik.

Para warga yang sementara makan di sebuah rumah makan, dan berbelanja di salah satu apotek di ruas Jalan Martadinata, Kelurahan Dendengan Luar, Kecamatan Paal Dua, serentak keluar dari dalam bangunan. (Kontributor Kompas.com Manado, Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Gempa Bermagnitudo 6,2 Guncang Bitung Sulawesi Utara, Warga Sempat Panik

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved