Ada Pemangkasan Anggaran, Filipina Pastikan Tetap Siap jadi Tuan Rumah SEA Games 2019

Rumor itu muncul setelah anggaran yang diajukan PHISGOC sebesar 7,5 miliar peso (setara Rp 2,02 triliun) dipotong 33 persen oleh pemerintah

Ada Pemangkasan Anggaran, Filipina Pastikan Tetap Siap jadi Tuan Rumah SEA Games 2019
Sea Games
Logo Sea Games 2019. 

TRIBUNSOLO.COM - Panitia penyelenggara SEA Games 2019 (PHISGOC), memastikan Filipina tetap siap menjadi tuan rumah meski ada pemotongan anggaran.

Sebelumnya, Filipina diterpa isu akan mengundurkan diri sebagai tuan rumah SEA Games ke-30.

Rumor itu muncul setelah anggaran yang diajukan PHISGOC sebesar 7,5 miliar peso (setara Rp 2,02 triliun) dipotong 33 persen oleh pemerintah.

Terbaru, senat Filipina menyetujui dana anggaran 5 miliar peso guna mendukung penyelenggaraan SEA Games 2019.

Derita Asam Urat, Ahmad Dhani Harus Buang Air Kecil Lewat Botol Bila Mulai Kambuh

Menanggapi hal ini, Ketua PHISGOC, Alan Peter Cayetano, memastikan rumor mundurnya Filipina tidak benar.

"Tidak ada keraguan bahwa kami tetap melakukan persiapan dan kami akan menggelar SEA Games ke-30," ucap Cayetano dikutip BolaSport.com dari laman Antara.

Terkait dengan pemotongan anggaran, Cayetano menilai hal itu bisa terjadi karena kurangnya koordinasi antara penyelenggara dan pemerintah.

"Kongres dan Senat tidak berkonsultasi dengan kami bahwa mereka tidak setuju dengan anggaran sebesar 7,5 miliar peso yang kami ajukan," ujar Cayetano.

Usai PUBG, MUI Bakal Kaji Sisi Negatif Game Online Lain

Walaupun ada masalah anggaran, Cayetano menjamin event yang dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember 2019 akan berjalan lancar.

"Kami akan menemukan jalan untuk memastikan terselenggaranya SEA Games, selain itu juga kami telah menemukan cara untuk membayar gaji para karyawan," ucap Cayetano.

Untuk menambal anggaran yang dipotong itu, PHISGOC dikabarkan akan bekerja sama dengan pihak swasta. (Kompas.com/M. Hafidz Imaduddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggaran Dipotong, Filipina Tetap Siap jadi Tuan Rumah SEA Games 2019"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved