Ada SPBU Kompak Satu Harga, Kini Warga di Wilayah Terluar Kepulauan Maluku Nikmati BBM Harga Setara

Peresmian SPBU tersebut maka harga BBM di wilayah tersebut sama dengan yang ada di Pulau Jawa dan seluruh wilayah Indonesia.

Ada SPBU Kompak Satu Harga, Kini Warga di Wilayah Terluar Kepulauan Maluku Nikmati BBM Harga Setara
KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY
Kepala Balitbang Kementrian ESDM, Dadan Kusdiana, Sales Executive Retail Wilayah Ambon MOR VIII PT Pertamina (Persero), Galih Pradipto, Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dan Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Barends saat mengresmikan SPBU satu harga di Desa Kalomar, Kecamatan Aru Utara, Kepulauan Aru, Maluku, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, AMBON - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan pengoperasian SPBU Kompak Satu Harga di wilayah terluar di Provinsi Maluku, Selasa (26/3/2019).

SPBU Kompak satu harga yang berlokasi di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru ini diresmikan oleh Kepala Balitbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dan Sales Executive Retail Wilayah Ambon MOR VIII PT Pertamina (Persero) Galih Pradipto.

“Peresmian BBM Satu harga di Kepulauan Aru ini merupakan komitmen Pertamina yang diberikan kewenangan oleh negara untuk menyediakan energi kepada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang ada di Aru,” kata Galih.

Dia mengatakan dengan peresmian SPBU tersebut maka harga BBM di wilayah tersebut sama dengan yang ada di Pulau Jawa dan seluruh wilayah Indonesia.

Soal Penurunan Harga Tiket Pesawat, Garuda Indonesia Bantah Ditekan Luhut

Khusus untuk wilayah Maluku dan Papua sepanjang 2016 hingga saat ini Pertamina telah mengoperasikan 39 titik lokasi SPBU kompak satu harga.

Direncanakan masih ada 12 titik lagi yang akan diresmikan pengoperasiannya.

“Untuk di Maluku sendiri sejauh ini sudah lima titik SPBU satu harga yang diresmikan dan di Aru ini yang kedua kalinya,” ujarnya.

Senada dengan Galih, Kepala Balitbang Kementrian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pengresmian SPBU satu harga di wilayah terluar di Maluku itu merupakan wujud keberpihakan Presiden Joko Widodo kepada masyarakat melalui program nawacita yakni membangun Indonesia dari penggiran.

Hasil Asesmen Rekrutmen BUMN Bakal Diumumkan 19 April 2019

Menurut Dadan, sebelum dioperasikannya SPBU tersebut, warga di Kecamatan Aru Utara harus mengeluarkan uang hingga Rp 15.000 untuk membeli 1 liter premium sementara untuk solar warga harus merogoh kocek hingga Rp 10.000 untuk mendapatkan 1 liter solar.

“Tapi sekarang harganya sama dengan di seluruh daerah di indonesia yakni untuk premium Rp 6.450 dan solar Rp 5.150,” ujarnya. (Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga di Wilayah Terluar Kepulauan Maluku Kini Nikmati BBM Satu Harga"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved