KPw BI Solo: Tidak Ada Estimasi Kebutuhan Uang Khusus saat Pemilu 2019

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo menyebut kebutuhan uang keluar (outflow) tidak ada lonjakan yang signifikan saat periode tahun politik.

KPw BI Solo: Tidak Ada Estimasi Kebutuhan Uang Khusus saat Pemilu 2019
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Surakarta, Bakti Artanta.  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo menyebut kebutuhan uang keluar (outflow) tidak ada lonjakan yang signifikan saat periode tahun politik 2019.

"Berkaca pada periode Pemilu sebelumnya dianggap tidak ada lonjakan penarikan uang secara signifikan dari masyarakat," kata Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Surakarta, Bakti Artanta, kepada wartawan, saat ditemui di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (27/3/2019).

Pihaknya menyebut, saat Pemilu memang tidak ada Estimasi Kebutuhan Uang (EKU).

Memang berbeda dengan momentum Lebaran atau akhir tahun, EKU khusus pasti diterapkan, karena memang biasanya outflow meningkat pada periode tersebut.

Lewat Sharing Inspiratif, BI Solo Ingin Penerima Beasiswa BI Jadi Generasi BI Berkarakter Kuat

Walau demikian, periode Pemilu biasanya malah ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pasalnya, sejumlah sektor ekonomi akan ikut bergeliat, seiring dengan banyaknya permintaan terkait kebutuhan alat peraga kampanye (APK), meeting di hotel dan event lainnya.

Sementara itu dari data yang ada, ia menyebut realisasi outflow pada Februari 2019 kemarin berada di kisaran Rp 800 miliar.

"Pada periode Februari 2019 tingkat penarikan uang dari masyarakat ikut didorong adanya hari besar keagamaan, seperti perayaan Imlek dan sejumlah event yang digelar di Kota Solo," tutupnya. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved