Pemilu 2019

KPK dan KPU Berkomitmen Wujudkan Pemilu yang Bersih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerjasama dengan KPK terkait sosialisasi dan pendidikan pemilih. Salah satu poinnya adalah pemilih berdaulat.

KPK dan KPU Berkomitmen Wujudkan Pemilu yang Bersih
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
ILUSTRASI - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo saat konferensi pers di Jalan Kahuripan Utara Nomor 23, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Senin (18/2/2019).  

TRIBUNSOLO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerjasama dengan KPK terkait sosialisasi dan pendidikan pemilih. Salah satu poinnya adalah pemilih berdaulat.

Bermakna menuangkan hak konstitusional pada tanggal 17 April besok tanpa dipengaruhi politik uang.

"Pemilih berdaulat dalam pandangan KPU dan KPK adalah pemilih yang dalam mengunakan hak pilihnya tidak dipengaruhi politik uang," kata Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan saat dihubungi, Rabu (3/4/2019).

Mewujudkan jiwa pemilih berdaulat, kerja sama KPU dan KPK akan menekankan perlawanan terhadap praktik kotor itu jelang hari pencoblosan yang menyisakan kurang dari 14 hari lagi.

KPK Sita Sejumlah Dokumen dari Pengeledahan Rumah Bowo Sidik hingga Kantor PT Pupuk Indonesia

Mengusung tagline 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat' dan 'Pilih Yang Jujur', sosialisasi ini akan dimulai pada kegiatan Pemilu Run 2019 di tanggal 7 April, akhir pekan ini.

"Pemilu Run dipusatkan di Jakarta dan serentak dilaksanakan oleh KPU Provinsi, KIP Kabupaten/Kota, di seluruh Indonesia," ujar dia.

Dapat Izin dari MK, KPU Diminta Segera Siapkan Pembentukan TPS Tambahan

Selain itu, pada debat pamungkas tanggal 13 April 2019 nanti, KPU dan KPK juga akan melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih lewat penayangan iklan layanan masyarakat di media massa.

Tak berhenti di situ, sosialisasi ini juga bakal terus berlanjut secara berkesinambungan pascapemilu melalui basis program milik KPU dan KPK.

"KPU mempunyai program pendidikan pemilih berbasis keluarga dan KPK mempunyai program pendidikan anti korupsi berbasis keluarga," pungkas Wahyu. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jalin Kerja Sama, KPU dan KPK Satu Suara: Pilih Yang Jujur!
Penulis: Danang Triatmojo

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved