TPID Solo Gelar Operasi Pasar Bawang Guna Redam Gejolak Harga

TPID Solo bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan menggelar operasi pasar bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional Solo.

TPID Solo Gelar Operasi Pasar Bawang Guna Redam Gejolak Harga
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Komoditas Bawang putih di Pasar Legi Solo. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO -  Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan menggelar operasi pasar bawang merah dan bawang putih di beberapa titik pasar tradisional di Kota Surakarta.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Surakarta, Bakti Artanta berujar, kegiatan tersebut bertujuan untuk meredam gejolak harga bawang merah dan bawang putih.

"Acara tersebut dilaksanakan pada Pasar Mirunggan Bawang Putih dan Bawang Merah Kota Surakarta akan
diselenggarakan selama enam hari, yakni pada 7 hingga 12 April 2019," katanya kepada TribunSolo.com, saat ditemui di area Balaikota Solo, Jumat (5/4/2019).

Pada 7 April 2019 dilaksanakan di Car Free Day (CFD) Solo, tepatnya Plaza Sriwedari, mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Sementara pada 8-12 April 2019 dilaksanakan di dua Kios Mirunggan TPID yang berada di Pasar Gede pada pukul 07.00-11.00 WIB dan di Pasar Nusukan pada pukul 09.00-12.00 WIB.

Pantau Stabilitas Harga, TPID Kota Solo Gelar Sidak di Sejumlah Pasar Tradisional

Pihaknya juga menyebut kegiatan pasar murah yang bertajuk Pasar Mirunggan Bawang Putih dan Bawang Merah, TPID Kota Surakarta menggandeng PT Perusahaan Umum Daerah Pusat Pergudangan dan Aneka Usaha Pedaringan Kota Surakarta (Perumda PAU Pedaringan Kota Surakarta), Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre lII Surakarta, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Cabang Sragen, distributor bawang putih dan merah di Pasar Legi dan Perbankan untuk menstabilkan harga bawang di pasaran.

Hal ini sejalan dengan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) yang menunjukkan rata-rata harga bawang putih dari Februari 2019 sebesar Rp 30.118 menjadi Rp 37.625 pada Maret 2019.

Rata-rata harga bawang merah dari Rp 20.434 menjadi Rp 29.125 Pasar Murah Bawang Putih dan Bawang Merah Kota Surakarta ini juga merupakan tindak lanjut dari Sidak dan Rapat Koordinasi TPID Surakarta pada Tanggal 20 Maret 2019 dalam rangka memantau keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan bahan makanan.

Hasil sidak di Pasar Gede, Pasar Legi, dan Pasar Nusukan menemukan kenaikan rata-rata harga bawang putih dan minggu sebelumnya sebesar 19,23 persen yaitu dari Rp 34.667 menjadi Rp 41.333.

Sementara itu, kenaikan rata-rata harga bawang merah dari minggu sebelumnya sebesar 12,14 persen yaitu dari Rp 23.333 menjadi Rp 26.167. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved