Pilpres 2019

Pengamat: Jokowi Kampanye di Solo sebelum Prabowo karena Mempertahankan Solo dari Serangan Lawan

Langkah TKN Jokowi-Ma'ruf mengubah jadwal kampanye akbar satu hari sebelum capres nomor urut 02 Prabowo Subianto datang di Solo, dinilai tepat.

Pengamat: Jokowi Kampanye di Solo sebelum Prabowo karena Mempertahankan Solo dari Serangan Lawan
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
Capres nomor urut 01 Jokowi melayani pendukungnya yang meminta swafoto saat kampanye akbar di Stadion Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Selasa (9/4/2019).  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Langkah Tim Kampanye Nasional (TKN) capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) mengubah jadwal kampanye akbar satu hari sebelum capres nomor urut 02 Prabowo Subianto datang di Solo, dinilai tepat.

Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto membeberkan, meskipun kampanye TKN Jokowi-Ma'ruf bersifat lokal hanya Soloraya, paling tidak sudah mengimbangi kehadiran Prabowo di Solo.

"Ya tepat, karena kalau tidak diimbangi akan berdampak citra buruk di mata konstituen loyal Jokowi di Soloraya," tuturnya kepada TribunSolo.com, Kamis (11/4/2019).

"Jadi kalau Jokowi misalnya tidak kampanye ke Stadion Sriwedari (Solo), seolah-olah kan membiarkan daerahnya diserang lawannya 02 begitu saja," jelasnya menegaskan.

Bicara soal Pilihan Politik Pilpres 2019, Gatot Nurmantyo Merasa Pekewuh dengan Jokowi dan Prabowo

Termasuk lanjut dosen Fakultas Hukum itu, kampanye 01 di Gelora Bung Karno (GBK) nantinya juga strategi untuk mengimbangi 02 kampanye sambil sholat subuh berjamaah beberapa waktu lalu.

"Apalagi itu merupakan kampanye putaran terakhir," ungkap dia.

"Harapannya tentu akan meraih elektabilitas pada pemilih undicided voters atau mengambang yang masih tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, kampanye akbar dihadiri capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (9/4/2019) yang juga didatangi puluhan tokoh nasional seperti Megawati Soekarnoputri.

Kampanye Terbuka Terakhir Prabowo di Kampung Jokowi, Pengamat Politik: Tujuannya untuk Psywar

Jadwal kampanye dimajukan, karena sebelumnya bakal digelar 12 April 2019, namun Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengubah jadwal menjadi 9 April 2019 atau sehari sebelum kampanye 02.

Kemudian sehari setelah itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri kampanye akbar terakhir di Stadion Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (10/4/2019).

Kampanye yang juga dihadiri puluhan tokoh dikatakan Prabowo menjadi yang terakhir untuk rapat umum terbuka menjelang pencoblosan. (*) 

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved