USAID IUWASH PLUS Apresiasi Kinerja Pemkab Sukoharjo di Bidang Air

Saat ini banyak upaya dari Pemkab Sukoharjo untuk mencapai akses air minum dan sanitasi 100% yang tertuang dalam target Universal Akses.

USAID IUWASH PLUS Apresiasi Kinerja Pemkab Sukoharjo di Bidang Air
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Pertemuan Gemas Jamu Kuat oleh Pemkab Sukoharjo bersama USAID IUWASH PLUS di Pendopo Kalurahan Sukoharjo, Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO –  United States Agency For International Development- Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene- Penyehatan Lingkungan untuk Semua (USAID IUWASH PLUS) mengapresiasi kerja keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo.

Hal itu disampaikan USAID IUWASH PLUS Regional Jateng, Jefri Budiman, saat menghadiri pertemuan dengan Pemkab Sukoharjo di di Pendopo Kalurahan Sukoharjo, Rabu (10/4/2019).

Dia mengatakan, saat ini banyak upaya dari Pemkab Sukoharjo untuk mencapai akses air minum dan sanitasi 100% yang tertuang dalam target Universal Akses.

“Saya mengapresiasi kerja keras Pemkab Sukoharjo dan kerjasama yang sangat baik dengan program USAID IUWASH PLUS yang sudah berlangsung sejak akhir tahun 2016,” katanya.

Selain Pendampingan, USAID juga Lakukan Vokasi Kepada Warga Salatiga

Berbagai program itu meliputi pembangunan air minum, sanitasi, dan perilaku higienis yang sudah dilaksanakan.

Hal itu terlihat dari bertambahnya sambungan pelanggan Perumda Air Minum secara signifikan, dan juga meningkatnya akses layanan sanitasi dengan tercapainya bebas buang air sembarangan atau ODF.

“Saya harap kegiatan yang dilakukan oleh Tim Monev Partisipatif ini dilanjutkan dan direplikasi di wilayah lainnya,” ungkapnya.

Asisten II Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Widodo juga mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin ini.

Favehotel Solo Hadirkan Paket Perayaan Sweet Seventeen

Dalam mekanisme perencanaan pembangunan, Pemkab Sukoharjo telah berupaya melibatkan peran masyarakat melalui aspirasi masyarakat antara lain melalui Musrengbang Desa atau Kalurahan, Musrengbang Kecamatan, Musrengbang Kabupaten, Focus Group Dioscussion (FGD), dan konsultasi publik.

Dia berharap, peran dunia usaha dapat semakin meningkat dalam pembangunan air minum, sanitasi dan perilaku hygiene di Kabupaten Sukoharjo, salah satunya melalui mekanisme corporate social responsibility (CSR). 

 “Dengan dilaksanakan kegiatan Gemas Jamu Kuat ini, dapat menjadikan seluruh pemangku kepentingan dan Tim Monev Partisipatif dapat lebih bersemangat dalam menyelesaikan berbagai upaya pembangunan di bidang air minum, sanitasi, dan perilaku hygiene yang dilaksanakan  Pemkab Sukoharjo,” pungkasnya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved