RS PKU Muhammadiyah Solo Kini Punya Pelayanan Vaksin Internasional dan Penerbitan Sertifikat ICV

RS PKU Muhammadiyah Solo me-launching Pelayanan Vaksin Internasional dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV), Sabtu (13/4/2019).

RS PKU Muhammadiyah Solo Kini Punya Pelayanan Vaksin Internasional dan Penerbitan Sertifikat ICV
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA
Suasana Launching Pelayanan Vaksin Internasional dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV) di RS PKU Solo, Sabtu (13/4/2019) pagi. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Surakarta melaksanakan Launching Pelayanan Vaksin Internasional dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV), Sabtu (13/4/2019) pagi.

Kegiatan ini ditandai dengan Serah Terima Persetujuan Pelaksana Penerbitan dan Permohonan Blangko Sertifikat Vaksinasi Internasional oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, di aula rumah sakit. 

Menurut Humas RS PKU Surakarta, Betty Andriani, kepada TribunSolo.com, acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini dihadiri sekitar 80 tamu undangan.

"Mereka dari MUI Surakarta, Kemenag Surakarta, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surakarta, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, IPHI Solo Raya, KBIH dan Biro Travel Wisata, Haji/Umrah Se-Solo, serta Direksi RS," katanya. 

RS PKU Solo Ajak PKL dan Pemilik Warung Sekitar untuk Bincang Kesehatan

Dalam sambutannya, Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dr Mardiatmo, mengatakan bahwa untuk pelayanan vaksinasi selama ini telah dilakukan.

Sedangkan layanan ini merupakan pengembangan layanan bagi jamaah haji dan jamaah umrah atau yang akan melakukan perjalanan keluar negeri terutama ke negara tujuan yang berisiko terhadap penyakit menular dan diwajibkan bagi negara tujuan untuk melakukan vaksinasi yang dibuktikan dengan Buku Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV).

Ia berharap, ke depan, RS PKU Muhammadiyah Surakarta juga akan mengembangkan pelayanan kesehatan bagi Jamaah yang akan melaksanakan haji atau umrah dengan mempersiapkan kesehatannya baik secara preventif, promotif, kuratif maupun rehabilitatif.

Adapun wakil Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang yaitu Kepala Seksi PKSE, Badar Kirwono, menegaskan perlunya kehati-hatian bagi para pengelola biro travel yang tidak sekadar mencari buku ICV saja.

Perdebatan Berakhir, MPU Aceh Bolehkan Penggunaan Vaksin MR dengan Alasan Darurat

"Perlu diingat bahwa vaksinasi memang wajib diperlukan sebagai perlindungan kesehatan bagi para jamaah, dan bisa melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah ditunjuk, salah satunya di RS PKU Muhammadiyah Surakarta," kata dia.

Betty menjelaskan, dibukanya pelayanan vaksin internasional di RS PKU Muhammadiyah Solo, selain melayani vaksin meningitis untuk jamaah haji dan umrah, juga melayani vaksin untuk para pekerja, pelajar dan traveller yang hendak keluar negeri.

Waktu pelayanan setiap hari kerja, di Ruang Vaksin Center Lantai 4 Gedung Utama RS PKU Muhammadiyah Surakarta. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved