Perjuangan Ibunda Peraih Nilai UN Sempurna di Solo: Jual Mainan hingga Utang Demi Sekolahkan 4 Anak

Supadmi harus bekerja membanting tulang seorang diri berjualan mainan di SDN Pucangan kompleks Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Sukoharjo.

Perjuangan Ibunda Peraih Nilai UN Sempurna di Solo: Jual Mainan hingga Utang Demi Sekolahkan 4 Anak
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Supadmi dan Ananda Hafidh Rifai Kusnanto saat duduk di tenui dirumahnya di Dukuh Wirogunan RT: 02 /RW: 03, Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (15/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Kerja keras Ananda Hafidh Rifai Kusnanto (17), siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Surakarta yang meraih nilai sempurna pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak lepas dari peran sang ibu, Supadmi (50).

Agar keempat anaknya bisa terus bersekolah, Supadmi harus bekerja membanting tulang seorang diri berjualan mainan di SDN Pucangan kompleks Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Sukoharjo.

"Saya setiap hari hanya bekerja jualan mainan anak-anak di SDN Pucangan kompleks Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan," katanya saat ditemui TribunSolo.com di rumahnya di Dukuh Wirogunan RT 02/RW 03, Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (15/5/2019).

Ananda Hafid Rifai, Peraih Nilai UN Sempurna di Solo Memiliki Hobi Astrofotografi

Dari hasil jualan mainan itu, dia mampu mendapatkan uang sekitar Rp 50 ribu per hari.

"Sehari biasanya dapat sekitar Rp 50 ribu, nanti yang Rp 30 ribu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sisanya untuk modal lagi," katanya.

Setelah ditinggal suaminya meninggal, pada 2016 lalu, Supadmi harus berjuang seorang diri untuk bisa menyekolahkan keempat anaknya.

Bahkan, tidak jarang dia harus berutang ke sana-sini untuk menutup biaya sekolah anaknya.

Ananda Hafidh Rifai, Peraih Nilai UN Sempurna di Solo Diterima Kuliah di UGM

"Saya terpaksa harus gali lubang tutup lubang untuk membiayai sekolah keempat anak saya."

"Biasa saya pinjam uang di koperasi pertanian Desa Gumpang, dengan sekali ambil pinjaman senilai Rp 1,5 juta, pelunasannya sampai setahun," katanya.

Halaman
12
Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved