Polisi Memburu Pelaku Pengedar Uang Palsu yang Menimpa Pasangan Lansia di Jebres Solo

Polisi terus memburu pelaku pengedar uang palsu yang menimpa penjual bergerobak di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo.

Polisi Memburu Pelaku Pengedar Uang Palsu yang Menimpa Pasangan Lansia di Jebres Solo
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
Kapolsek Jebres, Kompol Juliana BR Bangun.  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Polisi terus memburu pelaku pengedar uang palsu yang menimpa penjual bergerobak di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Suroso (92) dan Parjinem (83).

Kapolsek Jebres, Kompol Juliana BR Bangun mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo menjelaskan, pihaknya sudah meminta keterangan korban yang merupakan pasangan suami istri lanjut usia.

"Kami masih dalami setelah ada keterangan korban, kami terus lakukan pengejaran terhadap pelaku," katanya, Rabu (15/5/2019).

Profil Mbah Suroso dan Parjinem yang Ditipu Pakai Uang Palsu di Solo: Kisah Miris Ini Terungkap

Juliana menyebut, kejadian yang menimpa Suroso (92) dan Parjinem (83) merupakan yang pertama kali sejak imbauan terkait kewaspadaan uang palsu dikeluarkan memasuki bulan Ramadan.

"Hanya itu, tetapi kami harap ini yang pertama dan terakhir, jadi harus waspada," tuturnya.

Dia berharap masyarakat dalam hal ini penjual atau pedagang di pinggir jalan meningkatkan kewasapadaannya karena mendekati Lebaran ada potensi peredaran uang palsu.

"Kalau ada yang beli dalam jumlah banyak pagi-pagi sekali atau malam, cek berkali-kali, kalau perlu dia minta banyak barang, kasih satu atau dua saja," ungkapnya.

Karena menurut dia, modus operandi pelaku biasanya mencari waktu-waktu di mana tingkat konsentrasi orang berkurang, serta pada waktu pagi-pagi sekali atau malam hari.

"Termasuk yang disasar orang tua," jelasnya.

Kisah Kapolsek Jebres Solo Ganti Uang Palsu Rp 400 Ribu yang Diterima Pedagang Lansia dari Pembeli

Sebelumnya, pasangan suami istri yang sudah lanjut usia, Suroso (92) dan Parjinem (83) ditipu pembeli dengan uang palsu sebesar Rp 400 ribu, Solo, Selasa (14/5/2019). 

Kepolisian pun memastikan uang yang diterima oleh penjual bergerobak di Jalan Ir Juanda, Solo, itu adalah uang palsu.

Kapolsek Jebres, Kompol Juliana BR Bangun mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengungkapkan, setelah dicek fisik secara kasat mata dan juga dibandingkan dengan uang asli, ada perbedaan signifikan.

"Di antaranya selain dilihat beda warnanya, yang palsu seperti luntur, juga logo Bank Indonesia (BI) miliki perbedaaan jauh dengan aslinya," ungkapnya saat mengecek lokasi di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (14/5/2019). (*)

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved