Breaking News:

Dianggap Konsisten Dampingi Anak di Lapas, Sahabat Kapas Terima Anugrah dari KPAI

Sahabat Kapas menerima penghargaan "Anugerah Perlindungan Anak" dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Editor: Daryono
Dok.Ist
Koordinator Sahabat Kapas, Dian Sasmita (dua dari kiri) menerima penghargaan Anugerah Perlindungan Anak dari KPAI di Jakarta, Rabu (27/7/2016) 

TRIBUNSOLO.COM - Sahabat Kapas menerima penghargaan "Anugerah Perlindungan Anak" dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dalam rilis yang diterima TribunSolo.com, Rabu (27/7/2016), Sahabat Kapas merupakan satu dari 12 penerima penghargaan yang diberikan KPAI untuk para pegiat perlindungan anak.

Selain Sahabat Kapas, KPAI juga memberikan 11 penghargaan lainnya kepada individu maupun lembaga yang konsisten memperjuangkan hak dan perlindungan anak Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2016.

Dian Sasmita selaku koordinator Sahabat Kapas menerima “Anugrah Perlindungan Anak” di Studio NET TV di Jakarta Selatan bersama dengan penerima penghargaan lainnya seperti Kepolisian RI, Bupati Lampung, Netty Haryawan, dan Dompet Dhuafa.

Di acara tersebut ketua KPAI, Asrorun Ni’am Sholeh, menyampaikan bahwa ada lima pilar penyelanggara perlindungan anak yakni orangtua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara.

“Anugrah Perlindungan Anak” merupakan impelementasi fungsi pengawasan dan pemantau secara positif oleh KPAI yang diberikan untuk mengapresiasi dedikasi masyarakat dan pemerintah untuk kepentingan perlindungan anak.

Sebagai salah satu LSM pegiat perlindungan anak, Sahabat Kapas telah konsisten melakukan pendampingan dan advokasi khususnya untuk anak rentan dan anak yang berhadapan dengan hukum yang berada di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahananan sejak tahun berdirinya pada 2009.

Pelayanan yang diberikan Sahabat Kapas untuk anak di dalam Lapas/ Rutan dilakukan melalui pendekatan rehabilitatif dengan menyediakan layanan konseling, pelatihan ketrampilan, pengembangan diri dan juga kampanye publik tentang hak anak.”

Dian Sasmita mengungkapkan dukungannya terhadap apresiasi yang digagas oleh KPAI ini sekaligus mengamini apa yang disampaikan oleh Ketua KPAI tentang tanggung jawab kolektif dalam pemastian pemenuhan hak dasar anak dan pencegahan terhadap kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

“Saya berharap apa yang dilakukan Sahabat Kapas dapat diadopsi oleh teman- teman lain, lembaga atau pihak pemerintah sehingga anak- anak di dalam Lapas atau Rutan merasakan manfaatnya.

"Ini adalah tugas kita bersama agar mereka mendapatkan rehabilitasi, bukan sekedar menghabiskan masa tahanan,”ujarnya.(*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved