Kecelakaan Kerja di Indonesia Cenderung Disebabkan Faktor Manusia

Contohnya, kata Santoso melanjutkan penjelasannya, sudah ada helm, tapi manusianya yang malas memakainya.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Vokasi K3 Indonesia, Prof. Dr. Santoso dr MS Sp OK, usai memberikan materi pada Seminar Nasional K3 di Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu(8/10/2016). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Angka Kecelakaan kerja di Indonesia sejauh ini masih tinggi, dan sebagian besar disebabkan faktor manusia.

Hal tersebut disamapaikan oleh Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Vokasi K3 Indonesia, Prof. Dr. Santoso dr MS Sp OK, usai memberikan materi pada Seminar Nasional K3 di Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (8/10/2016).

“Untuk kondisi teknis seperti tempat kerja, alat keselamatan sekarang sudah bagus, namun yang belum bagus itu justru manusianya,” katanya.

Contohnya, kata Santoso melanjutkan penjelasannya, sudah ada helm, tapi manusianya yang malas memakainya.

Faktor manusia ini menurutnya juga sangat beragam penyebab permasalahannya, di antaranya tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan yang rendah.

Selain itu menurut Prof. Dr. Santoso sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki sikap tidak mau direpotkan hal-hal yang dianggap sepele.

Seminar K3 tersebut diselenggarakan Program Studi Diploma 4, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Selain Santoso juga menghadirkan Pembicara, ILO Technical Instructor Widodo Prayitno , dan Kepala Balai Hiperkes Disnakertrans NTB Slamet Riyadi, serta Pembicara dari PT Freeport, dan PT Cipta Kridatama.

Seminar tersebut mengambil tema “Strategi Perwujudan Konsep Suistainable Development Goal, Ditinjau dari Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Penerapan Masyarakat Ekonomi Asean. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved