Breaking News:

Tarif Penerbitan BPKB Naik Drastis, Ini Tarif Penerbitan SIM, STNK, dan BPKB Per 6 Januari 2017

Untuk penerbitan TNKB mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 30.000 menjadi Rp 60.000 untuk kendaraan roda 2 atau 3.

Penulis: Daryono | Editor: Daryono
STNK dan BPKB 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Daryono

TRIBUNSOLO.COM - Mulai 6 Januari 2017, tarif penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)/pelat nomor, penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan tarif penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah mengalami kenaikan. 

Selain kenaikan tarif, berlaku juga penggolongan baru Surat Izin Mengemudi (SIM) yakni SIM C1, SIM CII dan SIM D U untuk penyandang disabilitas roda 4 dan penurun tarif perpanjangan SIM D.

Kenaikan tarif dan penggolongan baru SIM itu sebagai imbas dari adanya penyesuian jenis dan tarif atas jenis PNBP sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Dikutip dari laman Setkab.go.id, Selasa (3/1/2017), Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, pada 2 Desember 2016.

Menurut PP ini, jenis PNBP yang berlaku pada Polri di antaranya meliputi penerimaan dari: a. Pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru; b. Penerbitan perpanjangan SIM; c. Penerbitan Surat Keterangan uji Keterampilan Pengemudi; d. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor; e. Pengesahan surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Kemudian, f. Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor; g. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor; h. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB); i. Penerbitan surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah; j. Penerbitan surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara; k. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara; l. Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

Untuk penerbitan TNKB mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 30.000 menjadi Rp 60.000 untuk kendaraan roda 2 atau 3. 

Sedangkan untuk kendaraan roda 4 atau lebih, tarif penerbitan TNKB naik dari sebelumnya Rp 50.000 menjadi Rp 100.000

Adapun penerbitan BPKB mengalami kenaikan yakni dari sebelumnya Rp 80.000 naik menjadi Rp 225.000 untuk BPKB baru ataupun ganti pemiliki kendaraan roda 2 atau 3. 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved