Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran Fasilitas KITE IKM di Desa Tumang, Cepogo, Boyolali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), Senin (30/1/2017)

Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran Fasilitas KITE IKM di Desa Tumang, Cepogo, Boyolali
TRIBUNSOLO.COM/LABIB ZAMANI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan fasilitas peluncuran KITE IKM di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Senin (30/1/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Labib Zamani

TRIBUNSOLO.COM, BOYOLALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), Senin (30/1/2017) siang.

Peluncuran KITE IKM tersebut dilakukan di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Pantauan TribunSolo.com, Presiden Jokowi tiba di lokasi peluncuran fasilitas KITE IKM sekitar pukul 10.46 WIB.

Turut dalam rombongan Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; Bupati Boyolali, Seno Samodro; Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi dan Kapolda Jateng, Irjen Polisi Condro Kirono.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan, peluncuran fasilitas KITE IKM tersebut sejalan dengan paket kebijakan ekonomi pemerintah jilid I yang mengamankan untuk melakukan deregulasi peraturan yang mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang didalamnya termasuk Industri Kecil Menengah (IKM).

"Fasilitas ini menyasar pada industri kecil dan menengah yang berdiri secara mandiri ataupun yang membentuk konsorsium berupa badan usaha, IKM koordinator, atau koperasi," katanya.

Dia juga mengungkapkan, barang-barang yang dapat diberikan fasilitas KITE IKM merupakan bahan baku atau bahan penolong, mesin, atau barang contoh yang digunakan dalam menunjang proses produksi yang nantinya akan diekspor kembali.

Sri Mulyani menjelaskan, alasan peluncuran dilakukan di Desa Tumang karena banyak perajin tembaga yang diproduksinya diekspor sampai ke Eropa, namun bahan bakunya selama ini diperoleh dari distributor.

Presiden Jokowi, berharap, dengan adanya peluncuran fasilitas KITE IKM tersebut mampu menekan penurunan biaya produksi hingga 20-25 persen.(*)

Penulis: Labibzamani
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved