Breaking News:

Para Gadis Wajib Hati-hati, Sering Unggah Foto Editan Bisa Jadi Pertanda Mental Terganggu

Instagram membuat wanita muda untuk “membandingkan diri mereka dengan versi kenyataan yang tidak realistis”.

Editor: Putradi Pamungkas
www.engadget.com
Instagram 

TRIBUNSOLO.COM - Royal Society for Public Health di Inggris merilis laporan yang cukup mengejutkan soal penggunaan media sosial di kalangan anak muda.

Berdasarkan penelitian, Instagram adalah media sosial yang paling buruk bagi kesehatan mental kaum muda.

Dilansir dari cnn.com, studi mereka, #StatusofMind, mensurvei hampir 1.500 anak muda berusia 14 tahun sampai 24 tahun tentang bagaimana platform media sosial tertentu memengaruhi masalah kesehatan dan kesejahteraan seperti kecemasan, depresi, identitas diri, dan citra buruk.

Hasilnya, Youtube secara keseluruhan memiliki dampak positif dari lima media sosial terhadap kesehatan mental kaum muda.

Sementara Twitter, Facebook, Snapchat, dan Instagram menyusul setelahnya.

Sementara Instagram yang diikuti lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia menduduki pucak daftar media sosial yang berdampak negatif.

Terutama di kalangan wanita muda.

Menurut studi, Instagram membuat wanita muda untuk “membandingkan diri mereka dengan versi kenyataan yang tidak realistis”.

“Instagram dengan mudah membuat anak dan wanita muda merasa seolah-olah tubuh mereka tidak cukup baik. Sehingga menambahkan filter dan mengedit gambar mereka agar terlihat “sempurna”,” terang Matt Keracher, penulis studi tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Royal Society for Public Health telah meminta Instagram untuk bertindak guna membantu memerangi ketidakmampuan dan kecemasan pengguna muda dengan memberi peringata pada gambar yang telah dimanipulasi secara digital.

“Kami tidak meminta platform untuk melarang photoshop atau filter. Tapi biarkan pengguna tahu kapan gambar telah diubah sehingga pengguna tidak menganggap gambar itu bernilai nyata,” jelas Keracher.

“Kami benar-benar ingin membekali pengguna muda dengan alat dan pengetahun yang baik. Sehingga bisa mendorong kesehatan mental yang positif dan baik,” tambahnya.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa untuk sementara Instagram secara negatif mempengaruhi citra tubuh, pola tidur, dan menambahkan rasa ketakutan untuk kehilangan para pengguna mudanya. (Intisari/Yoyok Prima Maulana)

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Intisari dengan judul Banyak Foto Editan, Instagram Ganggu Kesehatan Mental Wanita Muda

Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved