Berdasar Tiga Aspek, DPRD Solo Kaji Raperda Penyelenggaran Pendidikan

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DPRD Kota Surakarta tentang penyelenggaraan pendidikan telah dikaji berdasarkan tiga aspek.

Berdasar Tiga Aspek, DPRD Solo Kaji Raperda Penyelenggaran Pendidikan
TRIBUNSOLO.COM/YUDHISTIRA NURDIAN QURROTA
Wali Kota Surakarta bersama jajaran Pimpinan DPRD Kota Surakarta berfoto bersama seusai rapat paripurna, Senin (22/5/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Yudhistira Nurdian Qurrota

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DPRD Kota Surakarta tentang penyelenggaraan pendidikan telah dikaji berdasarkan tiga aspek. 

Adapun ketiga aspek tersebut disampaikan Teguh Prakosa, Ketua DPRD Kota Surakarta, saat membacakan nota penjelasan inisiatif pada rapat paripurna DPRD Kota Surakarta, Senin (22/5/2017).

Pertama adalah aspek filosofis.

Aspek filosofis merupakan aspek untuk mendorong tersedianya jaminan kepastian hukum bagi penyelenggaraan pendidikan guna mencapai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kedua adalah aspek sosiologis.

Aspek sosiologis merupakan aspek untuk membangun generasi muda yang berbudi pekerti sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang tengguh dan kompetitif.

Ketiga adalah aspek yuridis.

Aspek yuridis ditunjukkan dengan Pemkot Surakarta memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan sesuai UU  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Teguh Prakosa menyatakan Raperda penyelenggaran pendidikan ada untuk menggantikan Perda Kota Surakarta Nomor 4 Tahun 2010 tentang pendidikan. 

"Rancangan Peraturan Daerah ini untuk menggantikan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 4 Tahun 2010 tentang pendidikan, yang secara substantif sebagian besar sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dan kebutuhan masyarakat," ucap Teguh, Senin (22/5/2017). (*)

Penulis: Yudhistira Nurdian Qurrota
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved