Koramil 03/Serengan Solo dan Brigif 6/2 Kostrad Karya Bakti di Kelurahan Joyotakan

"Karya bakti merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial (Binter, Red) TNI AD," katanya.

Penulis: Labibzamani | Editor: Junianto Setyadi
TRIBUNSOLO.COM/LABIB ZAMANI
Anggota Koramil 03/Serengan, Brigif 6/2 Kostrad dan warga berkarya bakti di Kelurahan Joyotakan RT 002/RW 006, Kecamatan Serengan, Solo, Jumat (9/6/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Labib Zamani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Koramil 03/ Serengan melaksanakan serbuan teritorial karya bakti di Kelurahan Joyotakan RT 002, RW 006, Kecamatan Serengan, Solo.

Karya bakti tersebut berlangsung pada Jumat (9/6/2017).

Karya bakti ini sebagai kerja sama antara aparat kewilayahan (Koramil) dengan satuan nonkewilayahan (Brigif 6/2 Kostrad).

Karya bakti diikuti peserta dari pelajar SMK Muhammadiyah 1 Solo,  masyarakat lingkungan RT 002, 006 Joyotakan, satu peleton anggota Brigif 6/2 Kostrad dan Koramil 03/Serengan.

Waaster Divisi Infanteri 2 Kostrad, Letkol Inf Makmur P, mengatakan, bahwa satuan nonkewilayahan mempunyai tanggung jawab dalam pembinaan dan pemberdayaan kekuatan wilayah melalui pembinaan teritorial terbatas (Bintertas).

"Karya bakti merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial (Binter, Red) TNI AD," katanya.

Menurutnya sesuai UU RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI maka tugas pokok TNI dilakukan dengan operasi militer untuk perang, dan operasi militer selain perang.

Untuk operasi militer selain perang di antaranya adalah dengan memperdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Juga, membantu tugas pemerintah di daerah.

"Tujuan kegiatan ini untuk membangun solidaritas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan Pemda serta komponen masyarakat," kata dia menegaskan.

Sehingga diharapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah lebih baik.

"Adapun tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan," ujar Letkol Inf Makmur P. (*)

Attachments area

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved