Breaking News:

Ini Alasan Menteri Perdagangan Sasar Ratusan Pondok Pesantren untuk Gelar Pasar Murah Ramadan

Pemerintah Pusat memiliki alasan menyasar pasar murah diadakan di ratusan pondok pesantren di Indonesia

Penulis: Facundo Crysnha Pradipha | Editor: Putradi Pamungkas
TRIBUNSOLO.COM/CHRYSHNA PRADIPHA
Warga berjubel antre membeli sembako di pasar murah Ponpes Al-Qur'aniyy'aniyy Az-Zayadiyy, Bumi, Solo, Minggu (18/6/2017) sore. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan lebih dari 300 pondok pesantren di Indonesia untuk mengadakan pasar murah Ramadan.

Pasar murah diadakan saat Ramadan itu bertujuan untuk menekam harga kebutuhan pokok yang selalu melonjak jelang Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, Pemerintah Pusat memiliki alasan menyasar pasar murah diadakan di ratusan pondok pesantren di Indonesia.

Ditemui dalam kunjungan kerja menghadiri pasar murah Ramadan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur'aniyy'aniyy Az-Zayadiyy, Bumi, Solo, Minggu (18/6/2017) sore, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito, menjelaskan alasan acara pasar murah di berbagai ponpes.

"Selain menekan harga pokok.sesuai arahan Presiden Jokowi, pasar murah Ramadan juga mengajak para pengusaha (persuahaan dan industri) berbagi dengan masyarakat," jelas Enggar kepada wartawan.

Untuk diketahui, Kemendag memfasilitasi puluhan perusahaan menyumbang aneka bahan pokok untuk kemudian dijual dalam pasar murah Ramadan.

Selanjutnya, hasil pasar murah itupun diberikan kepada setiap pesantren tempat diadakan acara pasar murah.

Dia mengemukakan, pondok pesantren  dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pasar murah karena diyakini menyatu dengan masyarakat.

"Kami hadir karena pesantren ada di tengah-tengah masyarakat, mewakili masyarakat dan mengetahui siapa yang membutuhkan (bahan pokok murah)," ujar Enggar menambahkan.

Adapun pasar murah Ramadan di ponpes tersebut menjual 1.000 bingkisan sembako Rp 50 ribu senilai Rp 100 ribu.

Sebelumnya, pasar murah juga diadakan di Ponpes Al Muayyad, Purwosari, Solo, pada Jumat (16/6/2017) dan Ponpes Al-Qur'aniyy'aniyy, Purwosari, Solo, Senin (5/6/2017).

Mendag berharap, pasar murah Ramadan dapat bermanfaat bagi orang banyak. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved