Breaking News:

Perlancar Arus Mudik, Mulai Hari ini Jalan Tol Bebas dari Truk Besar

Langkah ini diambil untuk memberikan kelancaran bagi para pemudik yang pergerakannya sudah mulai terlihat

Editor: Putradi Pamungkas
Shutterstock
Ilustrasi jalan tol 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) resmi menerbitkan larangan kendaraan angkutan barang melewati tol mulai hari ini, Rabu (21/6/2017).

Langkah ini diambil untuk memberikan kelancaran bagi para pemudik yang pergerakannya sudah mulai terlihat.

Pembatasan kendaraan besar melewati jalan tol meliputi truk barang pengangkut galian atau barang tambang, truk barang dengan jumlah yang diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kilogram, truk barang yang memiliki tiga sumbu atau lebih, serta mobil barang dengan kereta tempel (truk gandeng).

"Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan dan Surat Keputusan Dirjen Perhubungan tahun 2017, pembatasan operasional ketiga jenis mobil barang tersebut diberlakukan mulai 21 Juni 2017 atau H-4 pukul 00.00 WIB, sampai dengan 29 Juni 2017 atau H+3 pukul 24.00 WIB," ucap Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenhub J. A. Barata dalam siaran resminya, Rabu (21/6).

Menurut Barata, Ditjen Perhubungan Darat melalui satuan kerja di daerah, telah memasang rambu-rambu pembatasan operasional mobil barang pada seluruh jalan nasional dan tol di pulau Jawa.

Kemenhub juga sudah melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan penegakan aturaannya.

"Pihak kepolisian berwenang untuk memberikan diskresi atau membolehkan truk tersebut untuk melintas, jika kondisi lalu lintas di jalur tersebut tidak mengalami kemacetan," ucap Barata.

Sementara, untuk pembatasan operasional mobil barang pengangkut bahan galian atau tambang seperti, pasir, tanah, batu, dan batubara, telah diberlakukan mulai 18 Juni 2017 atau H-7 pukul 00.00 WIB, sampai dengan 3 Juli 2017 atau H+7 pukul 24.00 WIB.

Pembatasan tersebut berlaku di seluruh jalan nasional, dan jalan tol di pulau Jawa dan Provinsi Lampung.

Pandu Yunianto, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Darat Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan pelarangan truk ini menjadi salah satu rangkaian rekayasa lalu lintas untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan para pemudik.

Namun, hal ini tidak termasuk beberapa truk yang sifatnya menyediakan bahan pangan, BBM, dan lainnya. (Kompas.com/Stanly Ravel)

Berita di atas telah ditayangkan di Kompas.com dengan judul Mulai Hari ini, Jalan Tol Bebas dari Truk Besar

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved