​27 Karya Dipamerkan dalam Pameran Tugas Akhir “Upload #3”FSRD UNS Solo

Adib berharap, keberagaman, ide dan gagasan yang tersaji dalam karya maupun proses yang dilalui hingga tersaji bisa dinikmatin oleh pengunjung.

TribunSolo.com/Imam Saputro
Salah satu mahasiswa menunjukkan karya yang dipamerkan Pameran Tugas Akhir Upload #3. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebanyak 27 karya desain interior hasil rancangan kreatif mahasiswa semester akhir Jurusan Desain Interior, Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dipamerkan di Student Center UNS, Senin-Jumat (17-21/7/2017).

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS Dr Achmad Adib mengemukakan jika ujian dan pameran tugas akhir karya desain interior tersebut merupakan kristalisasi dari pengalaman mahasiswa selama menempuh studi.

“Yang kesemuanya perlu dibuktikan dalam wujud karya tugas akhir yang disidangkan di hadapan Dewan Penguji,” kata Adib, Kamis (20/7/2017).

Menurutnya, pengertian upload dalam teknologi informasi komunikasi yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

“Maka pameran ini juga diberi tajuk apload yang artinya untuk mengunggah potensi para mahasiswanya,” jelasnya.

Adapun untuk tema materi pameran menurut Adib terkait dengan interior bangunan publik yang bersifat kompleks.

Pameran “Upload #3” mengangkat bermacam-macam tema, mulai dari rumah panti asuhan putri, rumah permen, pusat kuliner daerah, pusat promosi lurik , hingga museum perfilman Indonesia.

Pengunjung pameran akan mendapatkan informasi mengenai detail pada tiap tema yang diusung oleh masing-masing peserta pameran, detail yang dipamerkan meliputi: maket, denah lay out, Floor Plan, Ceiling Plan, detail furniture, hingga contoh material yang digunakan dalam desain.

Adib berharap, keberagaman, ide dan gagasan yang tersaji dalam karya maupun proses yang dilalui hingga tersaji bisa dinikmatin oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

Sebab Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Desain Interior meletakkan pameran ini sebagai ruang diskusi publik yang terus berkembang dan membutuhkan apresiasi dari masyarakat umum.

"Semoga langkah kecil ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat umum mengenai keberadaan Jurusan Desain Interior dan betapa luas cakupan keilmuannya," kata Adib. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved