Breaking News:

​Tim Dosen Fakultas Farmasi USB Surakarta Adakan Kemitraan Bikin Aromatheraphy Kayu Putih

Inovasi tersebut dituangkan pada Proposal Pengabdian dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Dikti tahun 2017.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Daryono
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
​Program kemitraan USB Surakarta dengan SMK Mandala Bakti dan SMK Donohudan Boyolali​ 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Tim Dosen Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta melakukan inovasi terhadap sediaan farmasi berupa aromatheraphy minyak kayu putih.

Inovasi tersebut dituangkan pada Proposal Pengabdian dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Dikti tahun 2017.

“Sebagai bentuk pelaksanaan program, kami mengadakan Program Kemitraan Masyarakat dengan Siswa SMK Kesehatan Jurusan Farmasi dari SMK Mandala Bhakti Surakarta dan SMK Donohudan Boyolali,” kata Ketua Tim Pelaksana PKM, Wiwin Herdwiani, Sabtu (29/7/2017).

Wiwik mengungkapkan, minyak kayu putih yang dipasarkan secara tradisional saat ini memiliki aroma khas menyengat, dan dikemas dalam botol besar.

Hal tersebtu dinilai tidak praktis dan tidak memiliki nilai jual tinggi.

“Kemudian kami mencoba membuat inovasi aromatheraphy minyak kayu putih ini, selain dengan aroma yang lebih segar juga dikemas secara lebih modern sehingga dapat diterima berbagai kalangan masyarakat,” katanya.

Minyak kayu putih mempunyai kandungan senyawa minyak kayu putih telah terbukti berkhasiat sebagai karminative (peluruh gas) dan juga analgetika (penghilang rasa sakit).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa SMK Farmasi mempunyai kemampuan wirausaha berbasis teknologi Farmasi (pharmacypreneur),” jelasnya.

Sementara target khusus dari kegiatan ini adalah siswa SMK Farmasi mempunyai kemampuan memproduksi, memformulasi, mengemas minyak aromatheraphy Kayu Putih.

“Kami juga berharap mereka mampu memasarkan minyak aromatheraphy Kayu Putih yang berkhasiat sebagai karminative dan analgetika,” tambah Wiwin.

Dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, Tim pelaksana PKM terdiri dari 2 orang dosen Fakultas Farmasi USB yakni Wiwin Herdwiani, M.Sc., Apt., dan Fransiska Leviana, S.Farm., M.Sc., Apt., serta melibatkan 4 mahasiswa USB.

Dalam PKM ini para siswa SMK mendapatkan pelatihan destilasi minyak atsiri dari kayu putih.

Selain itu, tim pelaksana PKM juga menyerahkan seperangkat alat destilasi kepada SMK Mandala Bhakti Surakarta dan SMK Donohudan Boyolali.(*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved