BPJS Ketenagakerjaan dan BNI Permudah TKI Bayar Iuran Jaminan Sosial

para TKI dapat membayar iuran Jaminan Sosial melalui semua layanan BNI mulai dari mobile banking dan SMS Banking.

KOMPAS.COM/ANTARA FOTO/PRASETYO UTOMO
Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati (tengah), berjabat tangan bersama Deputi Penempatan TKI BNP2TKI, Agustin Subiantoro (kiri), dan Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E Ilias Lubis (kanan) saat penandatanganan kerja sama di Jakarta, Senin (7/8/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia ( BNI) untuk memudahkan Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) membayar iuran jaminan sosial. 

Dengan begitu, para TKI dapat membayar iuran Jaminan Sosial melalui semua layanan BNI mulai dari mobile banking dan SMS Banking.

Direktur Perluasan Kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan, Enda Ilyas Lubis, menerangkan, kerja sama ini untuk membantu mengimplementasikasi program jaminan sosial untuk TKI yang telah diluncurkan pada 1 Agustus 2017. 

"Kerja sama ini dilakukan dengan Bank BNI untuk mempermudah para TKI melakukan pembayaran iuran melalui Kartu Pekerja Indonesia (KPI) yang juga merupakan hasil kerja sama antara Bank BNI dengan BNP2TKI," ujar Ilyas di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Ilyas menuturkan, jaminan sosial yang diterbitkan terdiri atas Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang mana keduanya wajib dimilik oleh para TKI.

Sementara, program Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program yang dipilih secara sukarela untuk menjadi bekal tabungan hari tua para TKI yang terkumpul dari iuran semasa mereka bekerja.

"Fasilitas ini diharapkan dapat mempermudah pembayaran iuran, khususnya bagi TKI yang terdaftar dalam program JHT, di mana iurannya dibayarkan setiap bulan selama masa kepesertaan berlangsung."

"Para TKI dapat dengan mudah mengakses informasi maupun pembayaran iuran di kanal-kanal yang dimiliki Bank BNI," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati mengatakan, Kartu Pekerja Indonesia yang diterbitkan bisa digunakan sebagai kartu debit. 

Sehingga, para TKI bisa melakukan transaksi mengirim uang dengan mudah ke sanak saudara di kampung halaman. (Gandeng BNI, BPJS Ketenagakerjaan Permudah TKI Bayar Iuran Jamsos/Kompas.com/Achmad Fauzi)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved