Jangan Sampai Kekecilan atau Kebesaran, Begini Lho Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Tepat

Karena ukuran kaki yang semakin besar, tentunya juga mengubah bagaimana sepatu dirancang, dibuat, dan dipasarkan oleh pabrikan sepatu di dunia.

Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM ­- Saat membeli sepatu, biasanya kita akan langsung memilih ukuran tertentu.

Namun sebenarnya, ukuran sepatu yang kita piih tak selalu tepat, loh.

Untuk menambah informasi, kita perlu tahu bahwa ukuran kaki rata-rata manusia di dunia ini “berkembang” dua kali lipat dibanding tahun 1970-an, karena tubuh manusia pun tumbuh makin tinggi.

Karena ukuran kaki yang semakin besar, tentunya juga mengubah bagaimana sepatu dirancang, dibuat, dan dipasarkan oleh pabrikan sepatu di dunia.

Ironisnya, menurut sebuah penelitian di Inggris, lebih dari 2.000 orang yang diteliti ternyata masih banyak yang memilih style sepatu dibanding sisi kenyamanannya.

Sedangkan sepertiga responden yang diteliti mengenakan sepatu yang ukurannya tidak tepat atau kurang pas, sebuah pilihan yang tidak hanya kurang nyaman, melainkan sekaligus bisa mengubah bentuk kaki dan jari-jari kita seiring waktu berjalan.

Lalu bagaimanakah sebaiknya menentukan ukuran sepatu yang tepat untuk kaki kita?

“Pada dasarnya kita harus memiliki jarak atau ruang kosong sekitar 1,2 cm antara jari terpanjang kita dengan ujung bagian dalam sepatu,” ujar Tom Florsheim Jr., seorang pembuat sepatu yang keluarganya memegang merk selama 122 tahun. “Kaki kita bergeser saat berdiri, jadi kita harus memastikan adanya ruang itu sambil mengenakan sepatu kita.”

Biasanya kita mengukur adanya ruang sisa dengan menekan bagian depan sepatu, namun Florsheim juga menyarankan agar kita memasukkan jari telunjuk di bagian belakang tumit untuk memastikan ada jarak lebih antara kaki dan ujung sepatu.

Bila jari telunjuk kita tidak bisa masuk, ambilah satu ukuran lebih besar. Namun bila jari itu “nyelonong” begitu saja, maka kita mungkin harus mencari setengah hingga satu ukuran lebih kecil.

Bila penjual mengatakan bahwa sepatu yang kita coba akan menyesuaikan ukuran kaki kita bila sering dipakai agar kita tetap membelinya, ketahuilah, walau hal itu benar, namun kaki akan tersiksa.

“Bila sebuah sepatu terasa tidak nyaman sejak awal, maka ia selamanya akan begitu,” tambah Florsheim. “Sepatu memang akan meregang sedemikian rupa karena cara kita berjalan. Namun perubahan itu sebagian saja. Jangan berharap sepatu akan bertambah panjang.”

Menggunakan sepatu dengan ukuran tepat akan membuat kita merasa nyaman, tidak merusak pertumbuhan kaki, serta membuat sepatu itu sendiri bertahan lebih lama.

Oleh karenanya simak enam tips sebelum membeli sepatu baru berikut:

Halaman
12
Sumber: Tabloidnova.com
Tags
sepatu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved