Breaking News:

Hari Raya Iduladha 2017

Minggu Besok Puncak Arus Balik Iduladha, Jasa Marga Akan Maksimalkan 31 Gardu Tol Arah Jakarta

Diperkirakan, ada lonjakan kendaraan di sejumlah gerbang tol menuju Jakarta pada hari Minggu besok.

(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Ilustrasi kepadatan arus balik kendaraan mudik Lebaran di Tol Cipularang-Palimanan menuju Jakarta, Jumat (30/6/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Puncak arus balik libur panjang Iduladha2017 diperidiksi akan jatuh pada Minggu (3/9/2017) besok.

Diperkirakan, ada lonjakan kendaraan di sejumlah gerbang tol menuju Jakarta pada hari itu.

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, salah satu gerbang tol yang mengalami lonjakan kendaraan saat arus balik itu yakni Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Gerbang tol tersebut merupakan salah satu akses menuju Jakarta yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

"Volume lalu lintas GT Cikarang Utama pada hari Minggu, 3 September 2017 diprediksi sebesar 97.086 kendaraan," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/9/2017).

"Atau meningkat 25 persen dari lalu lintas normal yaitu sebesar 77.331 kendaraan."

Heru mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan 31 gardu tol yang menuju arah Jakarta untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik.

Selain itu, pihaknya akan mengalihkan kendaraan melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama lebih dari 1 Km.

"Sementara untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah GT Cikarang Utama yang menuju Jakarta, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari Km 29 sampai dengan Km 21," kata Heru.

Ia mengimbau pengguna jalan agar dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi.  (Puncak Arus Balik Idul Adha, 97.086 Kendaraan Diprediksi Masuk Jakarta Lewat GT Cikarang Utama/Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved