Breaking News:

Cokelat Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rebecca Scritchfield penulis buku Body Kindness mengatakan bahwa cokelat mengandung senyawa ajaib yang disebut flavonoid.

Editor: Rifatun Nadhiroh
wallpapersxl.com
Ilustrasi cokelat. 

TRIBUNSOLO.COM - Cokelat memang lebih terkenal sebagai makanan kesukaan dibanding makanan bergizi.

Namun, cokelat ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Rebecca Scritchfield penulis buku Body Kindness mengatakan bahwa cokelat mengandung senyawa ajaib yang disebut flavonoid.

Sifat antioksidan dalam flavonoid cokelat inilah yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Flavonoid dalam cokelat berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan menurunkan kolesterol," ujar Rebecca.

Senyawa flavonoid dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, teh dan anggur merah. Senyawa ini memiliki manfaat untuk menghalau virus, alergi, peradangan dan tumor.

Flavonoid ternyata juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan sangat berperan dalam penurunan kolesterol dan memperlancar aliran darah.

Konsumsi cokelat juga memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Kandugan flavanol yang tinggi berfungsi sebagai vasolidator (pelebar pembuluh darah) sehingga baik untuk jantung.

Lauren Kelly, pakar nutrisi dari New York juga menambahkan bahwa kakao dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang mendorong pelebaran pembuluh darah sehingga mampu memperbaiki sistem kerja jantung yang bermasalah.

"Selain itu, kakao bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah dan menurunkan kolesterol yang merupakan faktor terbesar penyebab penyakit jantung," ujar Kelly.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved