Breaking News:

Jelang Natal, Kemenhub Cek Kelaikan Angkutan Barang

Pemeriksaan juga meliputi unsur teknis utama, seperti sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan

Editor: Putradi Pamungkas
(KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO)
Acara pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check oleh Kementerian Perhubungan di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (10/12/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Menjelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru pasti ada peningkatan arus angkutan barang maupun arus angkutan penumpang di jalan raya.

Hal ini harus diantisipasi dengan pemeriksaan kelaikan kendaraan agar keselamatan di jalan raya tetap terjaga baik angkutan barang maupun penumpang.

"(Ramp check) ini adalah menghadapi kegiatan Natal dan Tahun Baru di mana dinamika masyarakat pasti meningkat juga di angkutan penumpang," ujar Budi di lokasi pemeriksaan di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (10/12/2017).

Baca: Orang Kaya Bebas! Syahrini Ajak Penggemarnya Jalan-jalan Naik Helikopter

Pemeriksaan kelaikan kendaraan dilakukan dengan pemeriksaan berbagai unsur, mulai dari unsur administrasi meliputi kartu izin muatan, Kartu Izin Surat Tanda Uji Kendaraan, Surat Izin Mengemudi.

Pemeriksaan juga meliputi unsur teknis utama, seperti sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan.

Selain itu, unsur teknis penunjang pengukur kecepatan, sistem penerangan, badan kendaraan, perlengkapan kendaraan.

"Kami perlu meningkatkan keselamatan yang menjadi aspek utama"

"Banyak di beberapa daerah secara fisik tidak laik jalan apalagi kalau dilihat kedalamnya (aspek teknis)," ungkap Budi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved