Breaking News:

Kemenhub Prediksi Pemudik Motor di Lebaran Tahun Ini Mencapai 6,39 Juta Orang

Adapun peningkatan tersebut cukup besar, yakni dari 4,78 juta orang pada tahun lalu naik menjadi 6,39 juta orang pada tahun ini

Editor: Putradi Pamungkas
Otomania/Setyo Adi
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017) 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) memprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudi yang menggunakan kendaraan roda dua atau motor, pada Lebaran tahun 2018.

Adapun peningkatan tersebut cukup besar, yakni dari 4,78 juta orang pada tahun lalu naik menjadi 6,39 juta orang pada tahun ini.

Dengan kata lain terjadi kenaikan jumlah pemudik sebesar 30,44 persen dari tahun ke tahun (year on year).

Menghadapi prediksi tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengingatkan agar Pemerintah Daerah segera menyiapkan antisipasi, salah satunya dengan mulai menertibkan pedagang kaki lima serta memaksimalkan kapasitas jalan.

Baca: Ingin Buka Lapak atau Jualan di CFD Solo? Simak Informasi Perizinannya Berikut Ini

"Pemerintah Daerah harus berani mengatur atau semacam membangun simpul-simpul niaga tradisional untuk menampung pedagang kaki lima di pasar tumpah sehingga kapasitas jalan yang ada dapat digunakan secara optimal," terangnya melalui keterangan resmi pada Kompas.com, Minggu (8/4/2018).

Selain meminta persiapan Pemerintah Daerah, Kemenhub juga telah menyiapkan program mudik gratis untuk membantu mengurangi jumlah pemudik yang memakai kendaraan roda dua.

Pasalnya moda transportasi tersebut cenderung kurang aman untuk perjalanan panjang dan kerap menjadi penyebab kecelakaan.

Program mudik gratis yang dibuka oleh Kemenhub khusus untuk mengangkung pemudik yang membawa motor.

Baca: Pensiunan PBB Koleksi Puluhan Ribu Tanda Dont Disturb dari Hotel di 200 Negara, Termasuk Indonesia

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved