Ribuan Warga Ramaikan Kirab Budaya dan Sedekah Bumi Desa Plesungan, Karanganyar

Di area rekreasi ini, pengunjung dapat bersantai di bawah rindang pohon, berwisata outbound atau membasahi diri di dua kolam renang.

Ribuan Warga Ramaikan Kirab Budaya dan Sedekah Bumi Desa Plesungan, Karanganyar
TRIBUNSOLO.COM/EFREM SIREGAR
Sejumlah Gadis berjalan mengenakan pakaian menyerupai merak dalam pawai Kirab Budaya dan Sedekah Bumi di Desa Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu (18/4/2018) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Efrem Siregar

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Masyarakat Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah mengikuti Kirab Budaya dan Sedekah Bumi, Rabu (18/4/2018).

Menurut Kepala Desa Plesungan, Waluyo, warga dari 65 RT dan 14 RW di desanya turut berpartisipasi meramaikan kirab yang kali pertama diadakan desa Plesungan ini.

Masing-masing RT dan RW membawa nasi tumpeng dan hasil pertanian yang diarak berjalan kaki sekitar pukul 13.30 WIB dari Balai Desa Plesungan.

Tujuan akhir di objek wisata Sendang Plesungan yang berjarak sekitar satu kilometer dari Balai Desa.

Baca: Penjual Kacamata Tembus Pandang Kini Sudah Ada di Karanganyar

Dari pantauan TribunSolo.com, warga yang terlibat dalam kirab terlihat mengenakan pakaian adat Jawa, beberapa mengenakan seragam menyerupai santri, dan pakaian modifikasi yang dibuat seunik mungkin.

Kirab menjadi makin meriah lewat atraksi Reog Ponorogo, Campursari, dan Ogoh-ogoh.

"Kirab ditujukan sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sekaligus juga memperkenalkan Sendang Plesungan," ujar Waluyo.

Sendang Plesungan merupakan area wisata keluarga yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan baru diresmikan pada Desember 2017 silam.

Halaman
12
Penulis: Efrem Limsan Siregar
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved