22 Penerbangan Dibatalkan Akibat Tergelincirnya Pesawat Lion Air di Bandara Gorontalo

Pasca-tergelincirnya pesawat Lion Air di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, sebanyak 22 penerbangan per hari dibatalkan.

22 Penerbangan Dibatalkan Akibat Tergelincirnya Pesawat Lion Air di Bandara Gorontalo
ANTARA FOTO/ADIWINATA SOLIHIN
Kondisi pesawat Lion Air yang tergelincir di landasan pacu Bandara Djalaludin, di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (29/4/2018) malam. Pesawat dengan nomor penerbangan JT 892 tergelincir dan keluar landas pacu sesaat setelah mendarat ketika hujan deras, dan 174 penumpang dan tujuh kru selamat pada kejadian tersebut. 

TRIBUNSOLO.COM, MAKASSAR - Pasca-tergelincirnya pesawat Lion Air di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, sebanyak 22 penerbangan per hari dibatalkan.

Pembatalan ini dilakukan karena badan pesawat masih berada di runway atau landasan pacu sehingga bandara ditutup.

"Sampai hari ini, sebanyak 22 jadwal penerbangan dari berbagai daerah di Indonesia tujuan Gorongtalo dibatalkan, karena pesawat Lion Air belum bisa dievakuasi dari ranway," kata General Manager AirNav Indonesia Cabang Utama MATSC, Novy Pantaryanto ketika dikonfirmasi, Senin (30/4/2018) seperti dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com. 

Baca: Keterbatasan Alat, Evakuasi Pesawat Lion Air yang Tergelincir di Bandara Gorontalo Dilanjutkan Besok

Menurut Novy, jika penutupan bandara diberlakukan selama tiga hari sesuai rencana, maka sekitar 60 penerbangan akan dibatalkan.

"Hari ini hanya 2 pesawat yang berhasil mendarat di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo."

"Pertama pesawat yang membawa teknisi Lion Air dan pesawat yang membawa personel KNKT untuk lakukan investigasi kecelakaan pesawat," ungkapnya.

Pesawat yang bisa mendarat di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, tambah Novy, hanya berbadan kecil dan memuat belasan orang penumpang.

Sedangkan untuk pesawat berbadan besar sudah tidak memungkinkan untuk mendarat di runway Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo.

"Harapan kami penutupan Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo tidak terlalu lama."

"Kami harap setelah investigasi akan dilakukan evakuasi dan bandara segera berfungsi kembali," tambahnya. (Kompas.com/Kontributor Makassar, Hendra Cipto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lion Air Tergelincir, 22 Penerbangan ke Gorontalo Dibatalkan"

Editor: Daryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved