Breaking News:

Gunung Merapi Erupsi

Menteri Puan Maharani Klaim Pemerintah Sudah Siap Jika Gunung Merapi Meletus

Status Gunung Merapi ditingkatkan dari normal menjadi waspada pada Senin (21/5/2018) pukul 23.00 WIB lalu, setelah terjadi rentetan letusan freatik.

Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (24/5/2018).) 

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Pemerintah menyatakan sudah siap mengenai kemungkinan Gunung Merapi meletus meski status gunung tersebut sampai saat ini masih "waspada".

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (24/5/2018).

"Kita semua sudah siap, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Red) dan lain-lain juga sudah siap," kata Puan seperti dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com. 

Status Gunung Merapi ditingkatkan dari normal menjadi waspada pada Senin (21/5/2018) pukul 23.00 WIB lalu, setelah terjadi rentetan letusan freatik.

"Insyaallah janganlah (meletus), meski kita sudah dalam posisi waspada," ucap dia.

Baca: Mulan Jameela Mantap Berhijab, Intip Penampilan Terbarunya, Bikin Adem Meski Masih Dikomentari Pedas

Meski belum ada yang bisa menentukan kapan status Gunung Merapi meningkat dari waspada menjadi siaga, Puan tetap mengimbau kepada warga masyarakat yang masih berada di pos pengungsian supaya tidak kembali ke rumahnya terlebih dahulu demi keamanan.

"Warga yang berada di pos-pos pengungsian jangan kembali dulu ke rumahnya."

"Semoga ini tidak akan terjadi letusan yang cukup lama atau lebih parah lagi."

"Kita harapkan status Gunung Merapi bisa kembali normal," tuturnya.

Menyoal nasib anak-anak nanti yang berada di pos pengungsian, kata Puan, pemerintah telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) tentang bagaimana mengatasi bencana gunung meletus atau Gunung Merapi.

"Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Kementerian Sosial dan BNPB semua sudah siap."

"Jadi, jangan sampai proses kegiatan belajar dan mengajar anak-anak nantinya jadi terhambat."

"Sampai saat ini pemerintah terus memantau kondisi perkembangan Gunung Merapi," demikian Puan.(Kompas.com/Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri Puan: Pemerintah Sudah Siap jika Merapi Erupsi

Editor: Daryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved