Klaim Raih Kemenangan dalam Pemilu Turki, Erdogan Temui Pendukungnya di Istanbul

Setelah melihat hasil perhitungan suara tersebut, Erdogan pun mengumumkan kemenangannya.

Kompas.com
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. 

TRIBUNSOLO.COM, ANKARA  - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden yang dilangsungkan pada Minggu (24/6/2018).

Dengan hasil perhitungan cepat yang menempatkan Erdogan sebagai peraih suara terbanyak lebih dari 50 persen, menjadikan politisi berusia 64 tahun itu sebagai pemenang dan presiden terpilih untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dipantau Kompas.com dari laman Hurriyet Daily News pada Senin (25/6/2018) pukul 05.00 WIB, Erdogan meraih 52,5 persen atau sekitar 25 juta suara dari total sekitar 50 juta suara yang masuk.

Sesuai dengan panduan pemilu Turki, apabila di antara calon ada yang meraih lebih dari 50 persen suara pada pemungutan suara tahap pertama, maka dia akan menjadi presiden terpilih sehingga pemilu tahap kedua yang dijadwalkan pada 8 Juli tidak perlu digelar.

Baca: Anies Baswedan Kisahkan Pertemuannya dengan Presiden Erdogan, Tangannya Ditarik untuk Ikut Salat

Setelah melihat hasil perhitungan suara tersebut, Erdogan pun mengumumkan kemenangannya.

"Menurut hasil tak resmi, negara telah mempercayakan tugas kepresidenan kepada kami sekaligus kepala eksekutif dengan memberikan suara mayoritas kepada Aliansi Rakyat kami," kata Erdogan, dikutip Hurriyet Daily News.

"Ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar," ujarnya menegaskan.

Di hadapan pendukungnya yang berkumpul di Istanbul, Erdogan tak lupa menyampaikan terima kasih serta memberikan ucapan selamat kepada kandidat presiden dan parlemen lainnya.

Baca: Dai dan Mantan Penyanyi Rock, Hari Moekti, Meninggal Dunia di Cimahi, Jabar

"Saya harap tidak ada pihak yang akan mencoba membayangi hasil pemilihan hanya untuk menutupi kegagalan mereka," kata dia.

"Pemilu kali ini telah memberikan pesan yang jelas," ujarnya, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

"Turki telah mendapat pelajaran demokrasi dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya mendekati 90 persen," ucap  Erdogan.

"Negara kita akan menjadi sangat berbeda."

"Meski kami tidak dapat mencapai target kami dalam pemilihan parlemen, kami akan berusaha sebagai Aliansi Rakyat," kata Erdogan kepada pendukungnya. (Kompas.com/Agni Vidya Perdana/ Sumber Hurriyet Daily News)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Erdogan Klaim Raih Kemenangan dalam Pemilu Turki

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved