Gunung Agung Erupsi, Bandara Banyuwangi dan Jember Ditutup hingga Pukul 17.00 WIB

"Berdasarkan data observasi Stasiun Meteorologi Kelas I Ngurah Rai Denpasar tidak teramati adanya abu vulkanik," kata Hary.

Gunung Agung Erupsi, Bandara Banyuwangi dan Jember Ditutup hingga Pukul 17.00 WIB
Istimewa
Pantauan Gunung Agung terkini Jumat (29/6/2018). 

TRIBUNSOLO.COM - Informasi yang didapatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dua bandara di Jawa Timur (Jatim) tutup akibat terganggu abu vulkanik erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali.

"Selain Bandara Ngurah Rai Denpasar, informasinya dua bandara di Jawa Timur ditutup estimasi sampai pukul 17.00 WIB," kata Kepala Humas BMKG Hary T Djatmiko seperti dikutip dari Antaranews.com, Jumat (29/6/2018).

Notice to Airmen (Notam) atau Informasi-informasi yang baru dan mengenai keadaan, perubahan atau situasi suatu bandara udara kedua bandara tersebut telah dikeluarkan terkait dengan erupsi Gunung Agung.

Notam dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca: Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai Ditutup hingga Nanti Malam Pukul 19.00 Wita

Pantauan BMKG melalui satelit Himawari mencatat pergerakan debu vulkanik Gunung Agung di Karangasem, hingga pukul 05.00 WITA mengarah ke barat daya dan barat menjauhi Pulau Bali.

"Berdasarkan data observasi Stasiun Meteorologi Kelas I Ngurah Rai Denpasar tidak teramati adanya abu vulkanik," kata Hary.

Berdasarkan pengamatan hingga pukul 24.00 WITA cuaca di kawasan tersebut mendung dan hujan serta angin bertiup lemah ke arah barat.

Sebelumnya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai resmi ditutup sejak Jumat pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA menyusul hembusan Gunung Agung yang terus menerus mengeluarkan asap dan abu vulkanik.

Gunung Agung mengeluarkan asap sejak Kamis (28/6/2018) pukul 10.30 WITA hingga Jumat dini hari menyebabkan hujan abu di bagian barat hingga barat daya.

Baca: Unggah Foto Perut Buncit Putri Marino, Chicco Jerikho Tak Sabar untuk Peluk Bayinya Nanti

Penutupan bandara diputuskan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Dampak Erupsi Gunung Agung pada Jumat dini hari pukul 00.05 WITA.

Evaluasi akan diadakan kembali Jumat pukul 12.00 WITA.

Penutupan bandara dilakukan karena mengutamakan alasan keamanan.

Beberapa maskapai penerbangan juga telah memutuskan pembatalan penerbangan karena alasan keamanan pada Kamis (28/6/2019). (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erupsi Gunung Agung, Bandara Banyuwangi dan Jember Tutup"

Editor: Daryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved